PT. Total Safety Energy Diadukan ke KPPU, Diduga Curang Menangkan Tender Pertamina Tahun 2022

PT. Total Safety Energy Diadukan ke KPPU, Diduga Curang Menangkan Tender Pertamina Tahun 2022
Sindikat Post, Jakarta – PT. Total Safety Energy (PT. TSE) terindikasi kuat telah melakukan kecurangan dalam pengajuan dokumen untuk memenangkan tender pengadaan barang di PT. Pertamina Hulu Rokan pada akhir tahun 2022 lalu.

Kecurangan tersebut berbentuk penggunaan dokumen dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang diduga kuat telah direkayasa oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dokumen dimaksud adalah Laporan Pengujian Tensile Properties Product GEOMEMBRANE HPDE sebagai salah satu dokumen wajib yang harus dilampirkan dalam dokumen pengajuan tender.

Sebagaimana diketahui, PT. TSE pada akhirnya memenangkan tender pengadaan barang nomor GPHR00013A Price Agreement (PA) GEOMEMBRANE di PT. Pertamina Hulu Rokan tertanggal 12 Maret 2022.

Pelaksanaan tender dilakukan menggunakan metode pemilihan langsung, dengan kategori produsen barang diwajibkan terdaftar di buku Apresiasi Produk Dalam Negeri (APDN) dan menggunakan proses Daftar Penyedia Mampu (DPM).

Peserta tender adalah PT. Asia Mega Pasifik (selaku agen tunggal dari PT. Kencana Tiara Gemilang) dan PT. Total Safety Energy (selaku agen atau distributor dari PT. Mutiaracahaya Plastindo).

Atas dugaan melakukan kecurangan, bahkan sangat mungkin tindak pidana pemalsuan dokumen, tersebut maka PT. TSE diadukan ke Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) oleh PT. Asia Mega Pasifik (PT. AMP).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page