Menparekraf Hadir dan Ikuti Ritual Adat Molabot Tumpe di Kabupaten Banggai

menparekraf-hadir-dan-ikuti-ritual-adat-molabot-tumpe-di-kabupaten-banggai
Sindikat Post, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno hadir dan mengikuti Ritual Adat Molabot Tumpe di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Sabtu (2/12/2023). menparekraf-hadir-dan-ikuti-ritual-adat-molabot-tumpe-di-kabupaten-banggai

“Saya mengapresiasi masyarakat Banggai yang terus melestariskan ritual adat Tumpe ini, di mana pelestarian ini merupakan bagian dari cita-cita pariwisata kita yang berkualitas dan berkelanjutan,” kata Menparekraf Sandiaga.

Ritual yang telah berlangsung selama ratusan tahun ini berupa pengantaran telur burung maleo dari masyarakat adat Batui di Kabupaten Banggai ke Keraton Kerajaan Banggai di Kabupaten Banggai Laut, tradisi ini layak menjadi cermin dalam mengikat persaudaraan masyarakat di Kabupaten Banggai.

Menparekraf Sandiaga didampingi Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Makmun Amir, Bupati Banggai Laut, Bupati Banggai Kepulauan, dan pejabat lainnya mengikuti rangkaian upacara adat di Rumah Jabatan Camat Batui, tempat sebanyak 100 telur burung maleo diinapkan. Sebelumnya telur-telur tersebut telah lebih dulu dikumpulkan dari masyarakat adat di empat wilayah di Batui. Telur-telur tersebut dibungkus dengan daun pohon palem.

Mengenakan baju adat Batui, Menparekraf selanjutnya mengikuti ritual menurunkan telur dari rumah yang kemudian dibawa oleh para pembawa telur dengan berjalan kaki ke muara Sungai Batui sejauh 1,2 kilometer didampingi para tetua adat setempat.

Di sepanjang jalan, ribuan masyarakat menyambut dengan antusias namun juga tertib karena prosesi ini merupakan acara yang sakral. menparekraf-hadir-dan-ikuti-ritual-adat-molabot-tumpe-di-kabupaten-banggai

Sesampainya di dermaga di muara sungai, oleh perangkat adat telur-telur tersebut dibawa naik ke kapal dan ditempatkan di tempat khusus untuk kemudian dibawa ke Keraton Banggai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page