Indonesia Dorong Transisi Energi Sesuai Dengan Komitmen Dalam Target ENDC

indonesia-dorong-transisi-energi-sesuai-dengan-komitmen-dalam-target-endc
Sindikat Post, Dukungan pendanaan yang kuat menjadi hal krusial dalam mewujudkan target ambisius transisi energi di Indonesia. Pemerintah pun gencar mencari sokongan berbagai potensi sumber finanasial yang memungkinkan.indonesia-dorong-transisi-energi-sesuai-dengan-komitmen-dalam-target-endc

Salah satunya melalui Transisi Energi Berkeadilan (Just Energy Transitions Partnership/JETP) yang dijalin secara tidak mengikat pada G20 di Bali pada November 2022.

“Ini jalinan kerja sama yang luar biasa bagi Indonesia dengan para mitra yang memiliki visi yang sama untuk membangun Indonesia. Indonesia sebagai negara yang menjadi salah satu pertumbuhan ekonomi dunia, penting dijaga bersama-sama. Karena faktanya, dengan situasi global saat ini, pertumbuhan ekonomi menjadi kunci untuk menjaga warga dan masing-masing negara untuk mendapatkan hal yang lebih baik dalam menghadapi ketidakpastian saat ini,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad-Interim Erick Tohir saat peluncuran¬†Comprehensive Investment and Policy Plan (CIPP)¬†Pelaksanaan Transisi Energi Berkeadilan (JETP) di Kantor Kementerian ESDM Jakarta, Selasa (21/11).

JETP dioptimalkan sebagai salah satu jembatan Indonesia dalam mendorong transisi energi sesuai dengan komitmen yang sudah tertuang dalam target Enhanced Nationally Determined Contribution (ENDC) dan upaya Indonesia mencapai net zero emission di tahun 2060 atau lebih cepat.

“JETP merupakan salah satu upaya Indonesia dalam mendorong percepatan transisi energi sesuai dengan komitmen yang sudah tertuang dalam target ENDC yang dalam aspirasi Indonesia kita dapat mencapai NZE di tahun 2060,” tutur Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif.

Rampungnya rumusan skenario dekarbonisasi, daftar proyek prioritas dan mekanisme pembiayaan yang dituangkan dalam dokumen CIPP dinilai oleh pemerintah sebagai komitmen JETP dalam membantu Pemerintah Indonesia sebagai dasar perencanaan dan pengambilan kebijakan di sektor ketenagalistrikan yang berbasis energi hijau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page