Acara Tahunan Parade Surabaya Juang 2023 Berlangsung Meriah di Sepanjang Jalan Pahlawan Hingga Jalan Walikota Mustajab

acara-tahunan-parade-surabaya-juang-2023-berlangsung-meriah-di-sepanjang-jalan-pahlawan-hingga-jalan-walikota-mustajab
Sindikat Post, Surabaya – Acara tahunan Parade Surabaya Juang 2023 berlangsung meriah, Minggu (5/11/2023) siang. Berbagai pertunjukkan berhasil membuat takjub para penonton yang hadir di sepanjang Jalan Pahlawan hingga Jalan Walikota Mustajab. acara-tahunan-parade-surabaya-juang-2023-berlangsung-meriah-di-sepanjang-jalan-pahlawan-hingga-jalan-walikota-mustajab

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Rini Indriyani pun turut memeriahkan acara tersebut. Bahkan, mereka berdua berjalan beriringan sembari mengendarai sepeda motor klasik di pagelaran Parade Surabaya Juang 2023.

Wali Kota Eri Cahyadi mengatakan, acara ini digelar setiap tahun untuk memperingati Hari Pahlawan dan mengingat jasa dari para pahlawan yang gugur dalam pertempuran 10 November 1945, di Kota Surabaya. Agar selalu diingat oleh seluruh masyarakat, acara ini akan didaftarkan ke dalam Kharisma Event Nasional (KEN) 2024.

“Parade Surabaya Juang sudah kita daftarkan ke KEN ya, jadi insyaallah satunya adalah Parade Bunga dan juga Parade Juang ini. Insyaallah semoga tahun depan bisa masuk ke dalam agenda nasional,” kata Wali Kota Eri, Senin (6/11/2023).

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya juga sudah mendaftarkan satu agenda tahunan ke KEN Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia (RI). Event yang sudah masuk ke dalam KEN Kemenparekraf itu adalah Festival Rujak Uleg. acara-tahunan-parade-surabaya-juang-2023-berlangsung-meriah-di-sepanjang-jalan-pahlawan-hingga-jalan-walikota-mustajab

Tak hanya Festival Rujak Uleg dan Parade Surabaya Juang, Pemkot juga akan mendaftarkan Parade Bunga dan Drama Kolosal Perobekan Bendera ke dalam KEN Kemenparekraf RI. “Jadi seperti halnya Festival Rujak Uleg, sudah didaftarkan ke kementerian pariwisata. Insyaallah semoga tahun depan bisa masuk,” harapnya.

Wali kota yang akrab disapa Cak Eri Cahyadi itu berharap, agenda-agenda yang telah didaftarkan ke dalam KEN Kemenparekraf RI akan semakin banyak menarik minat masyarakat untuk datang berkunjung ke Kota Surabaya. Menurut dia, ketika semakin banyak kunjungan, maka perekonomian ini akan semakin meningkat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya Wiwiek Widayati mengatakan, Parade Surabaya Juang saat ini sudah memasuki ke tahap verifikasi di Pemerintah Provinsi Jawa Timur setelah itu diusulkan ke Kemenparekraf RI. “Tahun depan kita coba usulkan yang lain. Tahun kemarin kan kita sudah masukkan Festival Rujak Uleg, tahun depan ini untuk yang Parade Surabaya Juang,” kata Wiwiek. acara-tahunan-parade-surabaya-juang-2023-berlangsung-meriah-di-sepanjang-jalan-pahlawan-hingga-jalan-walikota-mustajab

Wiwiek menyampaikan, setiap tahun pemkot berupaya mengusulkan berbagai event besar lain yang digelar di Kota Pahlawan. Namun, beberapa agenda tersebut belum bisa masuk ke dalam daftar KEN Kemenparekraf RI, karena masih menunggu giliran dengan kota dan daerah lainnya.

“Untuk sementara memang dibatasi ya, satu kota satu (event) seperti itu. Jadi tahun depan (2024) kita coba usulkan yang lain, sejauh ini baru Festival Rujak Uleg, tahun depan baru yang Parade Surabaya Juang,” pungkasnya.

Diketahui, pada bulan ini Kota Pahlawan memiliki berbagai event menarik yang dikemas menjadi satu dalam Soerabaja Heroic Days 2023. Event tersebut diantaranya, Kota Night at The Museum yang dilaksanakan pada 3-4 November 2023 di Tugu Pahlawan. Selanjutnya, ada Photo Exhibition yang digelar pada 3-15 November 2023 di Basement Alun-Alun Surabaya.@Red.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page