Kemenparekraf Gandeng Komunitas Dalam Persiapan Pengembangan Destinasi Wisata IKN Nusantara

kemenparekraf-gandeng-komunitas-dalam-persiapan-pengembangan-destinasi-wisata-ikn-nusantara
Sindikat Post, Kalimantan – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggandeng komunitas dalam mempersiapkan pengembangan destinasi wisata di wilayah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.kemenparekraf-gandeng-komunitas-dalam-persiapan-pengembangan-destinasi-wisata-ikn-nusantara

Sekretaris Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sesmenparekraf) Ni Wayan Giri Adnyani, pada kegiatan Netas (Nemuin Komunitas) dengan tema ‘Memperkuat Jaringan dan Kolaborasi antar Komunitas di Wilayah IKN’, Penajam Paser Utara di Kalimantan Timur, Selasa (3/10/2023), mengatakan seiring masifnya pembangunan infrastruktur di IKN Nusantara, Kemenparekraf/Baparekraf menyadari perubahan dinamika yang sedang berlangsung di wilayah IKN, khususnya pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Oleh karena itu, Sesmenparekraf menekankan pentingnya membangun jejaring, memperkuat komunitas, dan memastikan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di kota/kabupaten sekitar IKN dapat tumbuh dan berkembang.

“Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan jejaring untuk mendukung pengembangan parekraf karena ketika membangun sektor ini kita harus bersama semua stakeholder yang ada. Dimana kami biasa menyebut stakeholder-nya sebagai ABGCM yakni Akademisi, Bisnis, Government, Community, dan Media,” kata Giri.

Sesmenparekraf mengatakan Kemenparekraf/Baparekraf siap mendukung dan berkolaborasi dalam pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di IKN. Seperti contohnya Kampung Balik, dimana ketua adatnya sangat mengharapkan agar daerahnya menjadi destinasi budaya.

“Dan ketua adatnya mengharapkan bisa belajar tentang kepariwisataan, itu bisa kita dukung. Mudah-mudahan dengan kita bersilaturahmi ini bisa meningkatkan kerja sama ke depannya, karena IKN ini juga harus didukung sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Giri.kemenparekraf-gandeng-komunitas-dalam-persiapan-pengembangan-destinasi-wisata-ikn-nusantara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page