BKKBN Jatim Siapkan Lansia Yang Tangguh dan Bermatabat!

bkkbn-jatim-siapkan-lansia-yang-tangguh-dan-bermatabat
Sindikat Post, Jawa Timur – Kepala Perwakilan BKKBN Jatim, Ibu Dra. Maria Ernawati, MM, dalam sambutannya menjelaskan bahwa “Merawat lansia bukanlah hal yang mudah. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2008, Lansia adalah seseorang yang telah berusia 60 tahun keatas. Dalam waktu hampir lima dekade, persentase penduduk lansia di Indonesia meningkat sekitar dua kali lipat (1971-2021) dari jumlah penduduk yang ada. Begitu juga di Jawa Timur, yakni menjadi 13,21 persen atau 4.784.309 jiwa dari total jumlah penduduk 36.195.515 Jiwa berdasarkan hasil Pendataan Keluarga Tahun 2021.bkkbn-jatim-siapkan-lansia-yang-tangguh-dan-bermatabat

 

Jumlah lansia di Indonesia termasuk dalam lima besar negara dengan jumlah penduduk lansia terbanyak di dunia, setelah Cina, India, dan Jepang. Menurut proyeksi penduduk BPS tahun 2020, pada tahun 2045 jumlah penduduk lansia di Indonesia diperkirakan akan mencapai seperlima dari total Penduduk Indonesia.

Peningkatan jumlah penduduk lanjut usia sebenarnya merupakan salah satu indikator keberhasilan pencapaian pembangunan manusia, yaitu adanya peningkatan usia harapan hidup, yang berarti adanya perbaikan kualitas kesehatan dan kondisi sosial masyarakat yang semakin baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page