Lima Maskot Siap Meriahkan Porprov Jatim VIII, Gubernur Khofifah: Simbol Kearifan Lokal Bawa Spirit Meraih Juara

lima-maskot-siap-meriahkan-porprov-jatim-viii-gubernur-khofifah-simbol-kearifan-lokal-bawa-spirit-meraih-juara
Sindikat Post, Surabaya – Lima maskot kebanggaan Jawa Timur siap memeriahkan gelaran Porprov Jatim VIII yang akan digelar di Kab. Sidoarjo, Kab. Mojokerto, Kota Mojokerto dan Kab. Jombang pada 9-16 September 2023 mendatang.lima-maskot-siap-meriahkan-porprov-jatim-viii-gubernur-khofifah-simbol-kearifan-lokal-bawa-spirit-meraih-juara

Lima maskot itu berasal dari empat daerah tuan rumah Porprov Jatim VIII yaitu Kab. Sidoarjo dengan maskot Si Udeng, Kab. Jombang dengan maskot Si Jatu, Kota Mojokerto dengan maskot Cak Condro, dan Kab. Mojokerto dengan maskot Si Mada serta ditambah satu maskot andalan Jawa Timur Si Beki.

Gubernur Khofifah menegaskan bahwa seluruh maskot Porprov Jatim VIII dibuat berdasarkan nilai sejarah dan ciri khas budaya di masing-masing wilayah. Menurutnya maskot-maskot ini menyimpan semangat dan pelecut juara para atlet yang bertanding untuk mendulang prestasi.

“Maskot-maskot ini membawa spirit para atlet untuk berprestasi dalam Porprov Jatim VIII Tahun 2023. Lebih dari itu lima maskot ini juga membawa harapan agar gelaran Porprov juga akan mendongkrak ekonomi di setiap daerah di Jawa Timur,” katanya.

Detailnya, Gubernur Khofifah menyampaikan Si Udeng yang merupakan maskot Kab. Sidoarjo didesain berdasarkan simbol kearifan lokal ciri khasnya yaitu Bandeng dan udang. Ini karena sektor perikanan di Kab. Sidoarjo layak mendapat perhatian karena potensi yang tidak bisa dianggap sebelah mata. Serta secara geografi lokasi Kab. Sidoarjo dapat dikategorikan sebagai dataran delta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page