KKP Apresiasi Nelayan Indonesia Selamatkan 3 ABK Srilanka di Laut Lepas

kkp-apresiasi-nelayan-indonesia-selamatkan-3-abk-srilanka-di-laut-lepas
Sindikat post, Jakarta – KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan) mengapresiasi aksi penyelamatan yang dilakukan nelayan Indonesia terhadap tiga ABK Sri Lanka, yang terombang-ambing cukup lama di laut lepas setelah kapal yang mereka tumpangi karam akibat badai.

kkp-apresiasi-nelayan-indonesia-selamatkan-3-abk-srilanka-di-laut-lepas

KKP pun langsung bergerak cepat melakukan koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri, Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, dan Kedutaan Besar Srilanka di Jakarta untuk pemulangan ketiga ABK (anak buah kapal) ke negaranya.

“Hari ini kami melakukan serah terima ABK, yang alhamdulillah bisa diselamatkan oleh KM Cahaya Putra Lestari yang pada saat itu beroperasi di laut lepas. Sebenarnya ada empat ABK, namun yang satu hanyut dan yang bisa diselamatkan tiga orang,” ungkap Direktur Kapal Perikanan dan Alat Penangkapan Ikan Ditjen Perikanan Tangkap KKP, Mochamad Idnillah di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Nizam Zachman, lokasi serah terima ABK dari pemerintah Indonesia ke Kedubes Srilanka, Jumat (30/6/2023).

Penyelamatan yang dilakukan kru KM Cahaya Putra Lestari yang dinakhodai kapten Tarjoko tersebut dinilainya sebagai aksi kemanusian. Sesuai ketentuan internasional, kapal terdekat wajib memberikan pertolongan saat mengetahui adanya kecelakaan atau menemukan kru kapal di laut.

Ketiga ABK Srilanka masing-masing bernama Ithayarsan Chanturu, Anton Nevilstan, dan Alekkish Ajid Gihan Coors. Bersama KM Cahaya Putra Lestari, mereka tiba di PPS Nizam Zachman pada Kamis 29 Juni 2023, sedangkan diselamatkan dari lautan Samudera Hindia pada 18 Juni 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page