Percepatan Penurunan Stunting Hasto Wardoyo Kunjungi Jatim

Pelatihan untuk memperkuat kompetensi Tim Pendamping Keluarga (TPK) dalam percepatan penurunan stunting.

IMG 20230201 WA0017
Sindikat Post, Jember – Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Dr. (H.C) dr. Hasto Wardoyo Sp. O.G (K) melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Timur, Selasa (31/01/2023). Dalam kunjungan itu, Hasto membuka pelatihan untuk memperkuat kompetensi Tim Pendamping Keluarga (TPK) dalam percepatan penurunan stunting.

Pelatihan Training of Fasilitator (TOF) Orientasi Tim Pendamping Keluarga dilaksanakan di UPT Balai Diklat KKB Jember. Pelatihan diikuti 780 orang yang terdiri dari 114 orang (OPD-KB; TP-PKK; dan PC. IBI) sedangkan 666 orang Penyuluh KB Tingkat Kecamatan.

Percepatan Penurunan Stunting Hasto Wardoyo Kunjungi Jatim Pembukaan pelatihan dihadiri Bupati Jember Ir. Hendy Siswanto, ST, Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan BKKBN Prof. drh. Muhammad Rizal Martua Damanik, MRepSc, PhD, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Dra. Maria Ernawati, MM, Kepala Pusat Pendidikan Pelatihan KKB, Dr. Drs. Lalu Makripuddin, M.Si. serta Kepala UPT Balai Diklat KKB Jember.

Dalam sambutannya, Hasto meminta agar Tim Pendamping Keluarga juga harus bisa mengukur dan membantu pengukuran di posyandu. “Jika sudah dilatih, kami harap bisa memonitor Ibu hamil dan juga mengukur saat di Posyandu,” kata Hasto.

Kepala BKKBN menitipkan pesan kepada fasilitator agar memiliki strategi khusus kepada yang dilatih. “Kalau kebanyakan yang dilatih oleh fasilitatornya adalah usia dewasa, ya sabar harus tahu bagaimana cara belajar orang dewasa,” ujar Hasto.

Percepatan Penurunan Stunting Hasto Wardoyo Kunjungi Jatim Tak hanya itu, Hasto juga memotivasi para fasilitator dalam mengikuti pelatihan ini. “Saat mengikuti training ini, bapak dan ibu fasilitator akan banyak banyak hal mulai dari bagaimana mencegah stunting, kehidupan berkeluarga hingga bagaimana mendampingi calon-calon pengantin,” jelas Hasto.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *