Kementerian ATR/BPN Berhasil Masuk Kategori Top 51 dalam Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik 2022

Kementerian ATR/BPN Berhasil Masuk Kategori Top 51 dalam Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik 2022
Sindikat Post, Jakarta – Kementerian ATR/BPN berhasil masuk kategori Top 51 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik untuk tahun 2022. Capaian ini diperoleh setelah melewati tahap evaluasi dokumen pada Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik keempat yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

kementerian-atr-bpn-berhasil-masuk-kategori-top-51-dalam-pengelola-pengaduan-pelayanan-publik-terbaik-2022“Kompetisi ini bermanfaat sekali. Dapat memacu instansi pemerintah, termasuk Kementerian ATR/BPN dalam meningkatkan kualitas pengelolaan pengaduan pelayanan publik. Kami di tingkat pusat juga telah mendorong seluruh Kantor Wilayah BPN dan Kantor Pertanahan untuk ikut dalam kompetisi ini,” ungkap Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN, Yulia Jaya Nirmawati, Kamis (12/05/ 2022).

Dari data yang dihimpun hingga Juni 2021, setidaknya sudah 680 aduan yang masuk pada kanal LAPOR!. Sehingga, Kementerian ATR/BPN dinobatkan sebagai Top 5 Kementerian Pengelolaan Laporan Terbaik. Tahun lalu, Kementerian ATR/BPN pun berhasil masuk kategori Top 46 dalam Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Tahun 2020.

kementerian-atr-bpn-berhasil-masuk-kategori-top-51-dalam-pengelola-pengaduan-pelayanan-publik-terbaik-2022“Kementerian ATR/BPN berkomitmen untuk terus meningkatkan pengelolaan pengaduan demi memudahkan masyarakat dalam memecahkan permasalahan terkait pertanahan dan tata ruang. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan yang telah dialami dan program-program kerja yang terus dikembangkan,” ujar Yulia Jaya Nirmawati.

Pada kesempatan ini, ia juga mengapresiasi prestasi Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Administrasi Jakarta Timur. “Selamat bagi Kantah Kota Administrasi Jakarta Timur yang juga ditetapkan menjadi Top 51 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik kategori Unit Pelayanan Publik. Mari terus tingkatkan pelayanan kita agar lebih baik lagi ke depannya,” sebut Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN.

“Selain itu, kami juga menyampaikan terima kasih atas bimbingan dari para pimpinan dan seluruh jajaran yang terlibat dalam pengelolaan pengaduan. Karena bimbingan dan kolaborasi yang efektif dari para jajaran lah, maka kita berhasil masuk kategori Top 51 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik untuk tahun 2022,” tambah Kepala Biro Hubungan Masyarakat.

Dikutip dari laman www.menpan.go.id, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Diah Natalisa menyatakan, secara total terdapat 434 proposal yang telah diperiksa dan dinilai dalam tahap evaluasi. Adapun rincian dari ke-51 peserta terbaik ialah 6 Instansi Pemerintah dengan _Outstanding Achievement_, 30 peserta Instansi Pemerintahan Umum, dan 15 peserta Unit Pekementerian-atr-bpn-berhasil-masuk-kategori-top-51-dalam-pengelola-pengaduan-pelayanan-publik-terbaik-2022nyelenggara Pelayanan Publik (UPP).

Diah Natalisa menjelaskan, 51 peserta terbaik tersebut akan masuk ke dalam tahap evaluasi lanjutan. Penilaian lanjutan terhadap peserta meliputi presentasi, wawancara, dan observasi lapangan jika dibutuhkan. Ia menambahkan, presentasi dan wawancara dilakukan dalam waktu bersamaan di hadapan panel Tim Evaluasi, yang rencananya akan dilaksanakan mulai 23 Mei 2022.

Dengan adanya kompetisi ini, diharapkan pelayanan yang diberikan Kementerian ATR/BPN dapat lebih baik kualitasnya. Sejalan dengan peningkatan kualitas, maka kebutuhan masyarakat terkait pertanahan dan tata ruang pun diharap bisa lebih terakomodasi dengan baik.  @red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.