MAN 1 Kebumen Bekali Siswa dalam Ilmu Digital Marketing

MAN 1 Kebumen Bekali Siswa dalam Ilmu Digital Marketing
Sindikat Post, Kebumen – Madrasah terus bertransformasi dalam memberikan layanan pendidikan kepada masyarakat. Salah satunya dengan memberikan program pendidikan sesuai dengan tantangan zaman.
Seperti yang dilakukan MAN 1 Kebumen, Jawa Tengah, yang membekali para siswanya dengan kemampuan digital marketing. Pembekalan tersebut diberikan dalam bentuk Pelatihan Kewirausahaan Digital Marketing Education, yang digelar di GOR MAN 1 Kebumen.

man-1-kebumen-bekali-siswa-dalam-ilmu-digital-marketing“Pembekalan digital marketing ini jadi bagian pelatihan kewirausahaan yang kami siapkan untuk siwa kelas XII,” ungkap Kepala Tata Usaha MAN 1 Kebumen Achmad Sunarso, Sabtu (9/4/2022).

Achmad Sunarso, yang hadir mewakili Kepala MAN 1 Kebumen, mengungkapkan kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan bimbingan dan pelatihan kepada peserta didik kelas XII agar menjadi terampil, mandiri, dan inovatif.

“Agar ketika mereka terjun ke dunia kerja maupun berwirausaha khususnya di bidang bisnis online, memiliki kemampuan yang memadai,” ujar Sunarso.

Digital marketing (pemasaran digital) merupakan suatu strategi pemasaran menggunakan media digital dan internet. Kegiatan pemasaran secara digital saat ini menjadi pilihan utama perusahaan dan para pebisnis karena tingkat penggunaan internet di masyarakat yang begitu luas.

man-1-kebumen-bekali-siswa-dalam-ilmu-digital-marketingSunarso menambahkan, pelatihan ini juga merupakan salah satu bagian pembentukan karakter (character building) yang dilakukan MAN 1 Kebumen. Dengan pembekalan ini, diharapkan para siswa MAN 1 Kebumen dapat menangkap peluang bisnis online yang saat ini tengah berkembang.

“Manfaatkanlah teknologi informasi yang terus berkembang saat ini, dunia bisnis online merupakan suatu peluang bisnis yang sangat bagus karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja,” pesan Sunarso.

Dalam pelatihan kewirausahaan kali ini, peserta dibimbing oleh Muhamad Haris Maknun. Ia selama ini dikenal sebagai profesional digital marketing yang menguasai keahlian Riset Search Engine Optimization (SEO), Google My Busines, Marketplace, Website 2.0 dan Sosial Media Marketing.

Di depan peserta didik kelas XII Muhamad Haris Maknun mengajarkan bagaimana cara untuk memulai berbisnis, konsep berbisnis, dan strategi pemasaran. Jangan pernah putus asa dalam berbisnis, tetaplah semangat, tekun dan optimis dalam menggeluti dunia bisnis.

man-1-kebumen-bekali-siswa-dalam-ilmu-digital-marketing“Jangan khawatir ketika akan mulai merintis karir, jangan menjadikan uang sebagai modal utama, tapi jadikan kreasi dan ide sebagai bekal dalam berkarir khususnya untuk berwirausaha,” ujar Haris.

Haris menegaskan bahwa kejujuran, etika dan semangat serta konsisten adalah modal yang paling utama jika ingin mulai berbisnis. “Semua orang punya jalan berbeda, kalian sendiri yang akan menentukan bagaimana masa depan kalian, oleh karena itu kalian harus cerdas dalam mencari dan memanfaatkan peluang”, terang pria yang juga menjadi Dosen Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) Cilacap. @red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.