Aktivitas Mudik Meroket, DPR RI Imbau Polda Banten Amankan Lalu Lintas Mudik

Aktivitas Mudik Meroket, DPR RI Imbau Polda Banten Amankan Lalu Lintas Mudik
Sindikat Post, Serang – Salah satu persoalan yang menarik perhatian yang terjadi di Provinsi Banten adalah besarnya antusiasme masyakat yang ingin mudik ke kampung halaman di Tahun 2022 ini. Dimana lalu lintas provinsi itu akan diramaikan oleh lalu lalang pemudik menuju Jawa maupun Sumatera.
DPR RIOleh karena itu, Komisi III DPR RI mengimbau Kepolisian Daerah (Polda) Banten tetap mengutamakan pengamanan masyarakat selama mudik berlangsung. Apalagi di tengah kebijakan Pemerintah Pusat yang meniadakan larangan mudik di Tahun 2022 ini menyebabkan keinginan masyarakat untuk mudik meningkat, dimana sebelumnya sempat diperketat karena banyaknya kasus Covid-19.

“Dalam konteks itu, kepolisian sebagai institusi negara memiliki peran penting melakukan pengamanan dengan kesiapan sarana dan prasarana, serta yang terpenting memperhatikan keselamatan baik dalam perjalanan maupun dari resiko Covid-19,” ujar Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmond Junaidi Mahesa di Markas Polda Banten, Serang, Senin (11/4/2022).

DPR RI

Dalam kunjungan kerja spesifik Komisi III DPR RI tersebut, Desmond menekankan kepada pihak kepolisian dengan melakukan deteksi dini terhadap kemungkinan timbulnya penyebaran kembali Covid-19. Supaya pengamanan kegiatan mudik tersebut dapat berlangsung dengan menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

Selain itu Desmond juga mengusulkan agar Polda Banten dapat menyiapkan fasilitas penunjang kalau terjadi kecelakaan. Seperti persiapan helikopter atau saran pendukung untuk melakukan penyelamatan di jalan raya selama mudik berlangsung. Adapun dalam pertemuan tersebut ia mengapresiasi paparan dari Polda Banten dan berharap eksekusi di lapangan dapat berjalan dengan baik.

DPR RI

“Ini kan rutinitas setiap tahun. Kalau dari paparan Polda Banten tentu sudah kasih gambaran kesiapannya. Bahwa kesiapannya diyakini jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Untuk itulah kami datang setiap tahun ke sini (Polda Banten) dalam rangka evaluasi,” sebut Desmond.

Dalam pertemuan tersebut, Kapolda Banten Rudy Heriyanto Adi Nugroho menyatakan pihaknya beserta jajaran kepolisian telah mempersiapkan diri untuk mengawasi dan mengatur lalu lintas titik potensi yang akan dilewati para pemudik. Tak hanya itu, lokasi menuju tempat wisata di Banten juga tak luput dari pengawasan dan perhatian Polda Banten.  @red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.