Zainuddin Maliki : Pemerintah Diharapkan Dapat Lebih Serius Dukung Desa Wisata

Zainuddin Maliki : Pemerintah Diharapkan Dapat Lebih Serius Dukung Desa Wisata

Sindikat Post, Jakarta – Anggota Komisi X DPR RI Zainuddin Maliki mendorong agar pemerintah dapat lebih serius dalam mendukung keberadaan desa wisata. Dalam Kunjungan Kerja Panja Desa Wisata dan Kampung Tematik Komisi X DPR RI ke Desa Wisata Pujon Kidul, Kabupaten Malang kali ini, Zainuddin melihat ada beberapa aspek yang harus diperkuat bagi desa wisata di Indonesia.

“Menurut saya yang perlu di-support seperti bimbingan bantuan konsultasi dalam merancang atraksi yang bagus agar bisa jadi daya tarik. Lalu pendorongan agar ada kolaborasi dengan UMKM setempat,” terangnya di sela-sela mengunjungi Desa Wisata Pujon Kidul, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat (17/9/2021). Adapun di Desa Wisata Pujon Kidul, menurut Zainuddin mereka berkembang atas inisiatif sendiri.  Tampaknya dukungan dari pihak pemerintah belum terlalu banyak.

Desa ini kata Zainuddin memang disokong oleh komitmen warganya yang bersemangat dalam melakukan inovasi membuat atraksi wisata yang memikat pengunjung ke desa mereka. Untuk itulah, Anggota Fraksi Partai Amanat Nasional DPR RI itu berharap pemerintah dapat memaksimalkan pendampingan, khususnya dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM).

Legislastor dapil Jawa Timur X itu juga mencontohkan, di dapilnya terdapat Desa Wisata Stigi, Gresik. Dimana pemimpin desanya melakukan inovasi secara mandiri dengan membuat atraksi wisata dari bekas objek pertambangan. Kreativitas tersebut berbuah manis dengan meningkatnya gairah pariwisata di area tersebut.

Melihat belum maksimalnya dukungan terhadap desa wisata, Zainuddin meminta pemerintah untuk dapat lebih serius. “Saya kurang tertarik jika dana besar triliunan dialokasikan ke destinasi prioritas dan superprioritas. Saya bilang yang proporsional sajalah. Bagaimanapun juga desa wisata ini pun juga berdampak positif dengan langsung menyasar kesejahteraan masyarakat,” tandasnya. @red (ah/sf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *