Tim Gugus Covid-19 Kec.Kangayan Sumenep Gencarkan Giat Vaksinasi

Tim Gugus Covid-19 Kec.Kangayan Sumenep Gencarkan Giat Vaksinasi

Sindikat Post, Sumenep – Untuk mensukseskan program pemerintah dalam hal melindungi rakyatnya dari penyebaran wabah virus Covid-19, tim gugus Covid-19 Kecamatan Kangayan, Kepulauan Kangean, kabupaten Sumenep, terus melakukan kegiatan Vaksinasi bagi masyarakat di sejumlah Desa di Kecamatan Kangayan, Minggu (12/9/2021).

Dengan kondisi geografis wilayah Kecamatan Kangayan yang terbagi dari beberapa pulau dan kondisi jalan yang masih terbilang jauh dari kata baik, tidak menyurutkan langkah dan semangat para petugas yang tergabung dalam tim Covid-19 dalam melaksanakan giat vaksinasi.

Seperti yang dikatakan oleh Kapolsek Kangayan IPDA. Miftahol Rahman, SH  melalui telepon seluler mengatakan, bahwa kondisi geografis di Kecamatan Kangayan tidak sama dengan kondisi di daratan.

” Dengan kondisi geografis yang tidak bisa ditempuh secepat didarat, memerlukan perjuangan ekstra dan kesabaran,” terangnya.

Kapolsek termuda dijajaran Polres Sumenep ini menjelaskan, untuk pelaksanaan Vaksinasi di Kecamatan Kangayan, langkah awal bersosialisasi kepada masyarakat, Pondok Pesantren, SMP dan SMA, kita lakukan upaya maksimal dibeberapa tempat tersebut.

” Kemudian setelah kita melakukan sosialisasi baru kita melaksanakan pelaksanaan vaksinasi, dan Alhamdulillah secara pencapaian bisa dikatakan baik untuk Kecamatan Kangayan,” jelasnya.

Kalau pelaksanaan di daerah yang harus mempergunakan alat angkut perahu, kami selalu berkoordinasi dengan Forpimka Kangayan, karena kita ada 4 pilar, baik dari kepolisian, Kecamatan, Koramil dan Puskesmas.

” Kita koordinasi dulu untuk melakukan langkah. Karena kita mempunyai satu Desa yang terletak di Kepulauan yaitu Desa Saobi, yang mana untuk di kepulauan Saobi sendiri kita sudah tiga kali datang kesana untuk melakukan Vaksinasi,” ungkapnya.

Jadi kita koordinasi dengan pihak Desa setempat, karena di desa Saobi sendiri terdiri dari 3 dusun yang beda pulau, yaitu Dusun Saobi, Dusun Sapapan dan Bunginyarat. ” Kita bersama-sama Forpimka dan Nakes menggunakan perahu dan untuk menghindari ombak kita harus lewat pelabuhan rakyat di songlor”, paparnya.

” Yang terpenting kita harus selalu menjaga tubuh kita untuk tetap fit karena kita melakukan vaksinasi setiap hari. Contohnya walaupun kita dari pelaksanaan di Desa Saobi maka besoknya kita harus melakukan giat vaksinasi ditempat lain,” jelasnya

Selain itu untuk mensukseskan Vaksinasi di Kecamatan Kangayan dan untuk meyakinkan masyarakat agar tidak termakan isu hoax, mereka tidak pernah lepas dari garis koordinasi dengan empat pilar yang di sebut diatas.

” Kami mendatangi mereka secara door to door atau mendatangi rumah mereka. Kita bersama-sama meyakinkan masyarakat bahwa vaksin itu aman dan halal, kita mencontohkan kalau vaksin itu tidak ada efeknya. Kalau memang vaksin itu mempunyai efek negatif, maka saya dan pihak Nakes yang melakukan vaksin pertama yang terdampak terlebih dulu”, terangnya kepada masyarakat.

” Harapan kami sebagai Kapolsek bagaimana masyarakat mendukung dan mempercepat pelaksanaan vaksinasi agar herd Immunity atau kekebalan kelompok cepat terbentuk untuk kebaikan kita bersama dan agar kita bisa segera keluar dari Pandemi Covid-19 ini dan kembali hidup normal”, imbuhnnya. @Akh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *