Kabareskrim Polri Berhasil Menangkap 24.878 Orang Terkait Penyalahgunaan Narkotika Sejak Januari 2021

Kabareskrim Polri Berhasil Menangkap 24.878 Orang Terkait Penyalahgunaan Narkotika Sejak Januari 2021

Sindikat Post, Jakarta – Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto menyebut peredaran narkotika dan penyalahgunaannya masih terbilang tinggi di Indonesia. Tercatat sejak Januari-Juni 2021 terdapat 24.878 orang ditangkap karena 19.229 kasus narkotika di Indonesia.

“Kami laporkan, untuk pengungkapan jajaran reskrim termasuk Polda Metro Jaya, sejak Januari sampai Juni 2021 terdapat 19.229 kasus narkotika dengan jumlah tersangkanya mencapai 24.878 orang,” ungkap Agus dalam jumpa pers di Polda Metro Jaya, Senin (14/6/2021).

Sementara itu, dalam waktu enam bulan tersebut, Polri telah menyita sejumlah barang bukti narkotika seperti 2,14 ton ganja, 6,64 ton sabu, 34 tembakau gorilla, 239.277 butir pil ekstasi, 73,4 gram heroin serta 106,84 gram kokain.

“Mengetahui fakta besarnya jumlah barang bukti ini menggambarkan Indonesia merupakan pasar peredaran narkotika serta pecandu penyalahgunaan narkotikanya pun cukup tinggi,” imbuhnya.

Dengan fakta tersebut, Agus pun meminta kepada seluruh jajarannya untuk terus mengantisipasi kasus peredaran narkotika di Indonesia termasuk dengan adanya jaringan internasional. Dalam hal ini, koordinasi dan kerja sama dengan pihak terkait juga ditingkatkan.

“Bekerja sama dengan stakeholder terkait seperti BIN, Bea Cukai, Ditjenpas, serta seluruh penggiat anti narkotika guna memerangi peredaran narkotika untuk menyelamatkan anak bangsa dari penyalahgunaan narkotika,” lanjut Agus.

Sebagai informasi, Polres Metro Jakarta Pusat bersama dengan Polda Metro Jaya berhasil menggagalkan peredaran sabu jaringan Timur Tengah seberat 1,129 ton. Sabu tersebut didapatkan dari empat lokasi yang berbeda mulai dari Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Bogor, hingga Bekasi.

Dalam pengungkapan tersebut, pihak kepolisian juga meringkus tujuh orang tersangka, dua diantaranya merupakan warga negara Nigeria. Masing-masing berinisial NR, HA, HS, NB, EK, CSN dan UCN. @red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *