BKKBN Jatim Gelar Pelatihan Manajemen Pengelolaan Rumah Data Kependudukan Angkatan IV

BKKBN Jatim Gelar Pelatihan Manajemen Pengelolaan Rumah Data Kependudukan Angkatan IV

Sindikat Post, Malang – Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur, menyelenggaran Orientasi Pelatihan Manajemen Pengelolaan Rumah Data Kependudukan angkatan IV di Balai Diklat KKB Malang pada 8-10 Juni 2021.

Kepala Perwakilan (Kaper) BKKBN Jawa Timur, Drs. Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd, melalui koordinator bidang Dalduk BKKBN Jawa Timur, Uni Hidayati, S.T., M.M., yang didampingi Kepala UPT Balai Diklat KKB Malang beserta jajarannya, serta Sub.Koordinator di lingkungan Bidang Dalduk, dalam sambutan pembukaan acara menerangkan bahwa Pelatihan ini merupakan upaya tindak lanjut dari Workshop Master of Trainer Program Perencanaan Pengendalian Penduduk yang dilaksanakan pada tanggal 6 – 9 April di Bekasi.

“Rumah Dataku pada tahun 2021 merupakan Proyek Prioritas Nasional karena Rumah Dataku mempunyai peranan penting sebagai basis data untuk perencanaan pembangunan pemerintah Desa. Maka dipandang perlu meningkatkan kemampuan para pengelola Rumah DataKu untuk mengola data, menganalisis dan menyajikan data serta memanfaatkan data untuk pembangunan pemerintah desa dan lintas sektor,” terang Uni Hidayati.

Kegiatan yang bertujuan melakukan penguatan kapasitas dan kapabilitas pengelola Rumah Data Kependudukan di Kampung KB Percontohan dan Orientasi Rumah Data Kependudukan percontohan, di ikuti oleh peserta dari 10 kabupaten/ Kota, yakni Kab.Lumajang, Kota.Mojokerto, Kab.Jember, Kab.Ponorogo, Kab.Banyuwangi, Kab.Pamekasan, Kab.Bondowoso, Kab.Situbondo, Kab.Mojokerto, dan Kab.Jombang.

“Peserta dari 10 Kabupaten/ Kota terdiri dari Pengelola data di Bidang Pengendalian Penduduk OPD-KB, Penyuluh KB sebagai pembina di Kampung KB Percontohan, Ketua Pengurus Rumah DataKu dan Kader Rumah DataKU. Masing-masing Kab/Kota 4 orang, dengan keseluruhan peserta sejumlah 40 orang,” terang Uni Hidayati.

Dalam pelatihan, ada beberapa materi yang diajarkan oleh pemateri, yaitu:

1. Pengenalan Rumah Data Kependudukan oleh Koordinator Bidang Pengendalian Penduduk.

2. Pojok Kependudukan di Rumah DataKU oleh Sub. Koordinator Penetapan Parameter.

3. Sistem Peringatan Dini Dampak Kependudukan oleh Sub.Koordinator Analis Dampak Kependudukan.

4. Proyek Prioritas Nasional yaitu Rumah DataKu oleh Sub.Koordinator Kerjasama Pendidikan Kependudukan.

5. Manajemen pengumpulan Data, Pencatatan dan penampilan data oleh Sub Koordinator Penetapan Parameter.

6. Pengolahan Data di Rumah DataKu oleh Staff Penetapan Parameter.

7. Analisis Data di Rumah DataKu oleh Staff Kerjasama Pendidikan dan Kependudukan.

8. Pelaporan dan Pemanfaatan Data di Rumah DataKu oleh Sub. Koordinator Penetapan Parameter. @red.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *