Pemilihan Duta GenRe Kab. Malang dan Launching Aplikasi Konco Sregep

Pemilihan Duta GenRe Kab. Malang dan Launching Aplikasi Konco Sregep

Sindikat Post, Malang – Pemilihan Duta GenRe Kabupaten Malang dengan tema “Youth Generation Lead An Action” dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Malang, Kamis (8/4/2021) merupakan ajang bergengsi yang diikuti oleh 20 finalis dari 20 Kecamatan yang lolos pada tahap penyisihan sebelumnya dengan peserta dari 33 Kecamatan.

Pemilihan Duta GenRe dilaksanakan secara rutin setiap tahun dalam rangka memunculkan figur-figur motivator dari remaja, oleh remaja dan untuk remaja mengingat peer group atau teman sebaya adalah pihak yang sangat berpengaruh pada perilaku remaja.

Terpilih sebagai pemenang juara 1 laki-laki adalah Farhan Mahali dari Kecamatan Turen, Weeya Sugevin dari Kecamatan Ngajuk, Niko Fernanda dari Kecamatan Kepanjen,

Sedangkan untuk juara 1 perempuan adalah Kanza Aisya Azahra dari Kecamatan Tumpang, Rahayu Suryaningsih dari Kecamatan Tirtoyudo, Yeti Rahmawati dari Kecamatan Donomulyo.

Wakil Bupati Malang Drs. H Didik Gatot Subroto, S.H., M.H., dalam sambutannya menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Malang menyambut baik dan mendukung pemilihan Duta GenRe sebagai upaya mencari tokoh-tokoh remaja untuk menjadi panutan yang merupakan representasi dari remaja di Kabupaten malang yang cerdas dan berprestasi.

“Duta GenRe harus dapat menginspirasi remaja yang lain untuk menjadi remaja yang tangguh, berdaya saing, kreatif dan produktif dan secara matang menyiapkan kehidupan berkeluarga dengan serius,” jelasnya.

Selain pemilihan Duta GenRe Pemerintah Malang melaunching Aplikasi Konco Sregep. Aplikasi Konco Sregep dipresentasikan oleh Muthmainnah, SKM, M.Kes., dari FKM Unair. Aplikasi ini dikembangkan FKM Unair Bekerjasama dengan Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur dan Dinas PPKB Kabupaten Malang.

Jumlah remaja yang besar sekitar 63 Juta jiwa di Indonesia dengan berbagai masalah yang melingkupinya antara lain seks pra nikah, kehamilan tidak diinginkan, penyalahgunaan narkoba, HIV/AIDS dan sebagainya, menjadi alasan bahwa permasalahan remaja memerlukan perhatian dari berbagai pihak.

Selama ini telah banyak sekali Program yang menyasar remaja, namun sayangnya masih bersifat parsial dan berjalan sendiri-sendiri dan hal itu memerlukan sinergitas multi sektor untuk menangani permasalahan remaja. Aplikasi Konco Sregep ditawarkan untuk menjadi alternatif strategi optimalisasi sinergitas Program Kesehatan Remaja.

SREGEP kepanjangan dari : Sukses, Resposnsif, Energik, Giat Belajar, Empati dan Produktif. Merupakan aplikasi edukasi Kesehatan remaja yang menyenangkan dan interaktif. Didesain sesuai dengan kebutuhan remaja, berisi beberapa feature antar lain ‘Sinau Yuk’ yang berisi berbagai materi menarik yang sangat bermanfaat untuk remaja, selain membaca materi yang telah ada melalui feature ini pengguna dapat bertanya permasalahan remaja pada ahlinya, tenaga profesional dari Tim Narasumber siap menjawab pertanyaan tentang masalah remaja dari pengguna.

Menu berikutnya adalah ‘Awakmu Sehat’ yang dapat digunakan untuk melakukan screening Kesehatan remaja secara mandiri, dengan hasil yang akan keluar secara otomatis dan bersifat edukatif. Menu berikutnya adalah ‘curcolin aja’ yang merupakan media curhat berbagai persoalan yang dihadapi oleh remaja. Terakhir adalah menu ‘Kebutuhan (koncomu, keluargamu, sekolahmu, wilayahmu)’ merupakan wadah untuk menyampaikan aspirasi terkait persoalan remaja termasuk laporan masalah remaja sampai dengan usulan Program atau kegiatan yang dibutuhkan oleh remaja.

Terpisah, Kaper BKKBN Jatim, Drs Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd., mengapresiasi pemilihan Duta GenRe Malang dan Aplikasi Konco Sregep. “Semoga Duta GenRe Malang yang terpilih bisa menjadi contoh sebagai remaja yang baik dikalangan remaja, dan aplikasi Konco Sregep sebuah inovasi yang bagus untuk diterapkan,” pungkas [email protected]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *