Terobosan Kalapas Sidoarjo, Dirikan D’Prodeo Cafe di Jaga Warga Binaan

Terobosan Kalapas Sidoarjo, Dirikan D’Prodeo Cafe di Jaga Warga Binaan
Ket: Teguh bersama 2 siswi magang SMK 1 Cerme Gresik.

Sindikat Post, Sidoarjo –  Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) merupakan tempat pembinaan terhadap warga binaan atau narapidana yang sedang menjalani masa tahanan. Keberadaanya sebagai tempat pembinaan  pelaku kejahatan membuat Lapas kerap dikucilkan.

Pada Selasa, (6/4/2021)  Kepala Lapas (Kalapas) kelas llA Sidoarjo, Jawa Timur, Teguh Pamuji, S.H., M.H., melakukan diwawancarai ekslusif oleh media ini di Lapas Sidoarjo.

Dalam wawancaranya, Teguh Pamuji memberikan keterangan total dari keseluruhan warga binaan yang ada didalam Lapas Sidoarjo berjumlah 1206, diantaranya 52 wanita.

Sekilas dari raut wajah sejumlah warga binaan di Lapas kelas II A Sidoarjo, tak terlihat sedikit pun beban di wajah mereka akibat menjalani masa hukuman di dalam sel. Mereka asik bercengkrama seperti orang pada biasanya. Mereka tetap menjalani kegiatan seperti melakukan pekerjaan dengan sesama penghuni Lapas.

Terobosan baru dari Kalapas Teguh agar warga binaan ada kegiatan, didirikan cafe diarea lapas yang diberi nama D’Prodeo Cafe,  memelihara ikan ikan lele, dan mencuci mobil. Tujuan dari adanya kegiatan tersebut adalah, agar mereka tak selalu jenuh dan memikirkan hal-hal yang membuat mereka stres.

Karena di masa pandemi seperti ini, Kalapas Sidoarjo, Teguh Pamuji membatasi kunjungan keluarga dikarenakan aturan dan upaya mencegah Covid-19. Maka dari itu, banyak warga binaan yang menghabiskan waktunya untuk kegiatan rohani sesuai agama masing-masing untuk menyadarkan diri sendiri dan mendekatkan diri kepada Tuhannya.

Tak sampai situ, Teguh Pamuji juga menuturkan bahwa ia dan petugas Lapas lain tak memutuskan komunikasi antara warga binaan terhadap keluarganya, dengan menyediakan Wartel (Warung Telepon) khusus warga binaan dengan pembatasan waktu untuk mencegah hal-hal negatif.

Penulis : Verra Kurniawati Dwi Syahputri

Siswi SMK 1 Cerme Gresik

Kelas / No : XI MM 2.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *