Kalapas Sidoarjo: Kontrol Warga Binaan Kuncinya Adalah Kunci

Kalapas Sidoarjo: Kontrol Warga Binaan Kuncinya Adalah Kunci

Sindikat Post, Sidoarjo – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) kelas ll A Sidoarjo, Jawa Timur, Teguh Pamuji, S.H , M.H., diwawancarai ekslusif di Lapas Sidoarjo pada Selasa (6/4/2021) pagi.

Pada kesempatan tersebut beliau menyatakan total keseluruhan warga binaan adalah 1.206, perempuan 52 sisanya laki-laki,” dan warga binaan menghuni 2 blok, blok A dan B. Masing-masing blok memiliki 1-2 lantai, setiap sel berisi kurang lebih 30-40 tahanan, serta perempuan berada di blok W.

“Secara keseluruhan tim penjagaan dibagi menjadi 4 regu, 1 regu penjaga bisa menjaga 600 tahanan di setiap bloknya. Sebagian para tahanan memiliki pekerjaan dengan pengawasan para sipir tentunya, tapi tidak semua tahanan dipekerjakan,” ujar Teguh.

Dalam masa pandemi ini tidak diizinkan untuk melakukan kunjungan, untuk atasi masalah tersebut. Lapas menyediakan fasilitas handphone untuk berkomunikasi melalui video call.

Terkait dengan sedikit penjaga dan banyaknya warga binaan, upaya yang dilakukan Lapas untuk mengontrol dan mengamankan para warga binaan, Teguh menjawab Kuncinya adalah Kunci. “Kunci utama nya adalah Kunci, jika tahanan sudah dikunci penjaga bisa mengawasi semuanya sekaligus, tapi jika sudah diluar butuh pengawasan lebih ketat, karena didalam juga bisa terjadi bentrok entah itu karena masalah keluarga atau masalah pribadi,” ujar Teguh.

Teguh juga menerangkan bahwa kasus narkoba yang banyak dilakukan para narapidana. “Terbanyak kasus narkoba. Usia tahanan dalam lapas diatas 18 tahun,” pungkasnya.

Penulis: Veranika Putri/31

Siswi SMK 1 Cerme Gresik.

Kelas : Xl MM 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *