Pengambilan Sumpah Advokat Organisasi Peradan, Ferari, dan PPKHI di PT Palembang

Pengambilan Sumpah Advokat Organisasi Peradan, Ferari, dan PPKHI di PT Palembang

Sindikat Post, Palembang – Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Palembang, Dr. Kresna Menon, S.H., M.Hum., memimpin pengambilan sumpah/ janji anggota advokat dari 3 organisasi advokat, yakni Perkumpulan Advocate dan Pengacara Nusantara (Peradan), Federasi Advokat Republik Indonesia (Ferari), dan Perkumpulan Pengacara dan Konsultan Hukum Indonesia (PPKHI), Senin (5/4/2021).

Pengambilan sumpah/ janji advokat yang di gelar di aula PT Palembang, dihadiri dari pihak Peradan, yakni Ketua Umum Peradan, Indranas Gaho, Ketua Pimpinan Wilayah Peradan Sumatra Selatan, Supriadi beserta jajarannya. Dari Ferari yang hadir Wakil Ketua Umum Ferari, Bambang Sri Pujo Sakti, beserta jajaran pengurus wilayah Sumatra Selatan. Dari DPP PPKHI, yang hadir Andriansyah Tiawarman, Adis Oktaviani, dan Ketua DPD PPKHI Sumatra Selatan, Suwito Minoto, beserta jajaran pengurus wilayah Sumatra Selatan.

Ketua PT Palembang dalam sambutannya mengatakan advokat wajib bersumpah atau berjanji sesuai dengan agamanya. Advokat adalah penegak hukum, bebas dan mandiri, dijamin oleh perundangan undangan. “Pengertian mandiri, bukan berarti bebas tanpa batas, tetapi dibatasi oleh hukum dan perundang-undangan dan kode etik advokat sendiri,” ujar Menon.

“Menyandang profesi sebagai advokat, merupakan tugas yang mulia. Berikanlah yang terbaik untuk klien. Tidak lupa, saya pun mengingatkan untuk tidak mencoba-coba memberikan bingkisan atau hadiah, karena kami sudah membentuk zona integritas,” tegas Ketua PT Palembang ini.

Terpisah, dalam siaran Persnya, Ketua Umum Peradan, Indranas Gaho menyampaikan sebelum pengambilan sumpah/ janji di PT Palembang, para calon advokat dari Peradan telah menghadiri upacara pengangkatan advokat yang digelar di Hotel Red Planet Palembang, Jl. Jenderal Sudirman yang dipimpin dirinya.

“Sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 ayat 2, yang menegaskan bahwa pengangkatan advokat dilakukan oleh organisasi advokat,” terang Indranas Gaho.

Dikesempatan itu Indranas Gaho menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada Ketua PT Palembang, yang bersedia hadir dan meluangkan waktu untuk memimpin sidang terbuka dan mengambil sumpah para advokat yang baru saja diangkat oleh organisasi advokat Peradan.

“Sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat 1 undang-undang nomor 18 Tahun 2003 tentang advokat, menegaskan bahwa sebelum menjalankan profesinya, advokat wajib bersumpah menurut agamanya atau berjanji dengan sungguh-sungguh di sidang terbuka Pengadilan Tinggi di wilayah domisili hukumnya,” terang Indranas Gaho.

Indranas Gaho juga menerangkan bahwa pengambilan sumpah/ janji advokat merupakan proses dari tahapan yang disyaratkan untuk menjadi advokat, setelah waktu dan proses panjang yang membutuhkan kesabaran, keuletan, dan kesungguhan yang harus dijalani.

“Lulus S1 berlatar belakang hukum, kemudian mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA), mengikuti Ujian Profesi Advokat (UPA), dan menjalani magang selama dua tahun terus menerus. Dan pelaksanaan PKPA, dan ikuti UPA, Serta magang adalah tahapan sebagaimana perintah UU advokat yang harus ditaati dan dilaksanakan dengan konsisten sehingga melahirkan penegak hukum yang professional dalam menjalankan profesinya serta tetap menjaga marwah advokat sebagai profesi terhormat (officium nobile). Untuk itu di harapkan para advokat baru mengamalkan sumpah atau janji yang telah dilafalkan, serta taat dan menjunjung tinggi kode wtik advokat,” jelasnya.

“Kami atas nama organisasi  mengucapkan selamat kepada advokat yang baru diambil sumpah/ janjinya. Semoga kita dapat memberi pelayanan dan keahlian ilmu hukum yang terbaik dalam interaksi penegakan hukum kepada masyarakat, begitu juga kepada penyelenggara kekuasaan negara khusus dalam sistem penegakan hukum di Indonesia,” pesan Indranas Gaho. @red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *