Walikota Blitar: Pembangunan Keluarga Landasan Kesuksesan Program Pembangunan di Blitar

Walikota Blitar: Pembangunan Keluarga Landasan Kesuksesan Program Pembangunan di Blitar

Sindikat Post, Kota Blitar – Walikota Blitar, Drs H Santoso, M.Pd., mengungkapkan pentingnya Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat dan mendukung suksesnya program pembangunan di Kota Blitar.

“Sejak dulu Kota Blitar sangat komitmen dalam mendukung semua program yang di canangkan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kota Blitar karena memang dengan berangkat melalui pembangunan keluarga yang bermuara pada keluarga sejahtera Insya Allah semua program pembangunan yang lain dapat berjalan dengan sukses,” ujar Pak Santoso dalam Pembukaan kegiatan Rakerda Program Bangga Kencana sekaligus Launching Pendataan Keluarga 2021 di Kota Blitar. Kamis (1/4/2021).

Menurut Beliau Program KB sejak dulu telah berperan besar dalam menekan laju pertumbuhan penduduk di Indonesia. “kalau tidak ditekan akan terjadi permasalahannya sosial. Lahan sangat terbatas di satu sisi pertumbuhan penduduk tidak terkendali bagaimana masa depan keturunan kita jika tidak dikendalikan mereka terancam tidak bisa mendapatkan kesejahteraan yang layak,” lanjutnya.

Kota Blitar juga mendukung penuh terlaksananya Kegiatan Pendataan Keluarga dengan sukses yang nana Kota Blitar akan 100% melakukan pendataan dengan melalui smartphone. “Pendataan Keluarga di Kota Blitar rencanakan akan 100% melalui smartphone semoga bisa sukses, saya sudah melakukan sosialisasi melalui radio, saya juga menginstruksikan kepada seluruh Camat dan Lurah agar membantu mensosialisasikan kegiatan ini kepada masyarakatnya di wilayah nya masing-masing agar para kader pendata mendapatkan kemudahan dan diterima oleh masyarakat,” lanjutnya.

Bapak Walikota terus memotivasi agar para kader pendata telaten dan sabar dalam menghadapi masyarakat ketika melalui pendataan menurut beliau perlu pendekatan yang persuasif agar masyarakat welcome terhadap kader pendata.

“Tetap bersabar selalu menggunakan identitas sebagai petugas di lapangan. Harus bisa sabar, santun terutama dalam menjelaskan maksud tujuan dalam pendataan, sehingga masyarakat yang dikunjungi terbuka dalam dimintai keterangan dalam pendataan,” pungkas beliau.

Sementara itu, Kepala DP3AKB Kota Blitar Dra. Sulistiani, M.M., mengungkapkan kesiapannya dalam mensukseskan Pelaksanaan Pendataan Keluarga di Kota Blitar.

“Hari ini akan dimulai pendataan dengan sasaran 50.923 Keluarga se-Kota Blitar yang akan di data oleh 340 kader pendata yang telah kami latih dan bekali, kami juga akan menggunakan pendataan melalui smartphone,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Drs Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd., mengapresiasi capaian Program Bangga Kencana Kota Blitar yang di atas rata-rata provinsi Jawa Timur pada tahun 2020.

“Meskipun pandemi Covid-19 mempengaruhi program Bangga Kencana di Tahun 2020, Kota Blitar tetap mampu berprestasi dalam melaksanakan program-program nya dengan sangat baik, angka pemakaian kontrasepsi (CPR) sudah sebesar 74,31 % ini angka yang ideal, dan apabila dipertahankan dengan baik maka saya yakin Program Bangga Kencana akan berjalan dengan baik,” terang Pak Teguh.

Menurutnya, capaian tersebut tidak lepas dari kesadaran masyarakat dan tentunya dukungan penuh dari mitra kerja terkait, pemerintah kota Blitar, tokoh agama, tokoh masyarakat dan Penyuluh KB.

Dalam Rakerda yang dilaksanakan di Aula Balai Kota Koesoemo Wicitro tersebut juga dilakukan launching Pendataan Keluarga oleh Walikota Blitar yang diikuti dengan Pendataan Bapak Walikota dan Ibu oleh kader pendata sebagai Keluarga pertama yang di data di wilayah Kota Blitar. @red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *