Desa Kalowang Desa Terakhir Penerima Pencairan BST Cluster 3

Desa Kalowang Desa Terakhir Penerima Pencairan BST Cluster 3
Ket: Mama Muda, Kades Kalowang.

Sindikat post, Sumenep – Selama Sepekan kepala perwakilan PT. Pos Indonesia (Persero) untuk wilayah kepulauan Sapudi kabupaten Sumenep, Yuvi Yanto, bersama jajarannya dari desa ke desa melayani Masyarakat Penerima Manfaat (KPM), Bantuan Sosial Tunai (BST).

Menurut Yuvi Yanto, pihaknya melakukan pelayanan di balai desa agar mempermudah pencairan kepada masyarakat.

“Kami sempatkan dan luangkan waktu untuk turun ke balai 18 desa yang ada di dua kecamatan. Mengingat Sulitnya Medan jalan yang harus di tempuh masyarakat. Lebih baik kami yang mengalah” ungkap Yuvi. Minggu (28/2/2021).

“Seperti halnya sekarang, tadi malam hujan deras jalanan menuju desa Jambuir dan Kalowang sangat becek dan licin, kalau tidak didatangi ke balai, kuatir bantuan ini tidak akan terserap, itu yang pertama.
Dan yang kedua kasihan masyarakat yang tidak punya sepeda motor harus jalan kaki berkilo-kilo meter,” jelasnya.

Masih Yuvi, “Lagi pula masyarakat kalau didatangi ke balai, lebih efektif dalam kepengurusan persyaratan. Karena fasilitas sudah tersedia di balai masing masing desa, contohnya jaringan WiFi yg banyak membantu kami,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kasi Tata pemerintahan (Tapem) Kecamatan Gayam, Ikbal,  dalam sambutannya di depan para KPM BST desa Kalowang berharap tidak ada isu Negatif seperti hal pemotongan bantuan dan lain sebagainya.

“Atas nama Forpinka, kami tidak ingin mendengar hal-hal yang Negatif tentang pencairan BST ini. Pencairan ini dikawal ketat dari kepolisian dan TNI. Semua masyarakat pastikan tidak ada potongan dari pihak kami. Masyarakat menerima utuh Rp. 900.000 yang langsung diserahkan pihak pos,” ujar Ikbal.

Pencairan BST Cluster 3 ini, merupakan perpanjangan dari program sebelumnya tahun 2020 sebagai Dampak dari Pandemi Covid – 19. Dan tahun ini diperpanjang lagi oleh pemerintah pusat karena wabah corona belum usai.

Saat ini masyarakat KPM kepulauan Sumenep menerima bantuan 3 bulan, sebesar Rp 900 ribu. Tahap 10, 11, dan 12 alokasi bulan Januari, Februari dan Maret, sebesar Rp. 300 ribu/ bulan.

Kepala desa (Kades)  Kalowang, Rahmatul Maula, banyak menyampaikan terima kasih kepada pemerintah yang telah banyak memperhatikan masyarakatnya. Karena di desa Kalowang merupakan desa paling banyak ke 2 setelah desa Sonik, Kec. Nonggunong sebagai penerima BST dengan jumlah 378 KPM.

Kepada awak media Kades  Kalowang yang akrab dipanggil Mama Muda oleh masyarakat desa memaparkan bahwa masyarakatnya dipastikan hampir sudah tersentuh oleh bantuan dari pemerintah.

“Hampir semua keluarga di desa kami ini sudah mendapat bantuan dalam masa Pandemi Covid ini, baik BST, BLT, BPNT, dan PKH. Juga jenis bentuk bantuan covid lainnya yang bersumber dari APBD Sumenep dan provinsi,” ujar Mama Muda.

Sebagai kades perempuan pertama di desanya, Mama Muda berharap kepada masyarakatnya utamanya kaum ibu, untuk bisa memaksimalkan bantuan yang ada untuk memenuhi kebutuhan hidup dalam keluarganya. @ Akh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *