Jurnalis Hukum Surabaya Resmi Terbentuk

Jurnalis Hukum Surabaya Resmi Terbentuk

Sindikat Post, Surabaya – Dalam rangka menegakkan hukum di Indonesia, melalui tulisan sejumlah puluhan wartawan senior Surabaya, menggelar pembentukan Organisasi Jurnalis Hukum (Jurkum). Selain pembentukan juga mengupas tentang penulisan hukum pidana dan hukum perdata. Kegiatan terbentuknya Jurku di Villa Kodok Tretes Pasuruan, Jawa Timur.

Jhon Ferry Saragih selaku Ketua Umum (Ketum) Jurkum menuturkan, organisasi yang dibentuk bersama tokoh-tokoh jurnalis senior dan jurnalis milenial di Surabaya ini sebagai wadah jurnalis, khususnya yang melakukan peliputan dibidang hukum.

“Jurkum sebagai organisasi ini mulai dirintis sejak awal 2017 lalu.Tapi baru hari ini diresmikan,” tuturnya. Minggu (21/02/2021)

Masih dengan Jhon, meskipun kami jumlahnya sedikit, kami tetap rukun dan solid. Dalam suatu organisasi itu harus saling percaya. Sekecil apapun jangan saling curiga. Kami berharap kita solid kompak, untuk organisasi ini maju dan berkembang.

“Jurkum juga akan membuka Lembaga Bantuan Hukum (LBH) yang melakukan advokasi bagi masyarakat tidak mampu ketika menghadapi proses hukum. Kita juga akan menggandeng rekan advokat yang mau berkerjasama dengan Jurkum untuk melakukan pembelaan pada masyarakat yang tidak mampu,” jelas John.

Ditempat yang sama, Supriyadi (Kung), salah satu wartawan Senior di Surabaya mengatakan, organisasi Jurkum ini dibentuk dari obrolan warung kopi.

“Kami bukan bermaksud untuk bersaing dengan organisasi yang sudah ada. Tapi semakin banyak organisasi jurnalis semakin bagus,” kata pria yang didaulat menjadi Bendahara.

Jurnalis Milenial bernama Michael Fredy Yacob menambahkan, alasannya bergabung di Jurkum. Saya saat ini bekerja di Harian Disway, saya simpati dengan tokoh-tokoh media yang tergabung di Jurkum.

“Organisasi ini sebagai wadah saya untuk belajar. Salah satunya tentang penulisan hukum dan kriminal. Karena saya pribadi tergolong baru terjun di jurnalis,” pungkas Michael. @red (M9)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *