Bupati Kudus HM Hartopo Pastikan RS Kumala Siwi Siap Tampung Pasien Covid 19

Bupati Kudus HM Hartopo Pastikan RS Kumala Siwi Siap Tampung Pasien Covid 19

Sindikat Post, Kudus – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo sidak langsung Rumah Sakit Kumala Siwi, Selasa (12/1/2021). Hal ini dilakukan untuk memastikan kapasitas tempat tidur pasien isolasi Covid-19.

Disampaikan oleh pihak Rumah Sakit Kumala Siwi, jika saat ini terdapat 12 tempat tidur pasien isolasi Covid-19 dari total 100 tempat tidur di Rumah Sakit Kumala Siwi. Namun, sebanyak tujuh tempat tidur telah dipersiapkan lagi untuk menambah kapasitas tempat tidur pasien Covid-19.

Mendengar penjelasan tersebut, Hartopo meminta pihak Rumah Sakit Kumala Siwi untuk menambah enam tempat tidur lagi, agar memenuhi ketentuan minimum sesuai instruksi Mendagri RI, surat edaran Gubernur Jateng dan surat edaran Plt Bupati Kudus yang menerangkan pemenuhan minimum tempat tidur pasien isolasi Covid-19, sebanyak 30 persen. Dan, dalam minggu ini, penambahan tersebut harus dipenuhi.

“Ini sudah ada 12 (tempat tidur) yang sudah siap pakai dan tujuh tempat tidur yang masih tahap dipersiapkan ya. Saya minta minggu ini, rumah sakit dapat menambah enam tempat tidur lagi,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Hartopo juga meninjau kamar yang direncanakan menjadi tempat isolasi pasien Covid-19. Disampaikan, kamar bertempat tidur tiga tersebut harus menambah fasilitas agar efektif dalam merawat pasien Covid-19. Meliputi, penempatan sekat akrilik untuk membatasi interaksi dan closed circuit television (CCTV) untuk memantau pasien. Adanya satu kamar mandi yang nantinya digunakan oleh tiga pasien juga menjadi sorotannya.

“Kalau ada tiga tempat tidur dalam satu ruangan, pihak rumah sakit harus lebih ketat dalam memantau kondisi pasien. Fasilitasnya juga harus dilengkapi,” tuturnya.

Hartopo juga menginstruksikan, agar rumah sakit segera membuat mekanisme bagaimana menangani beberapa pasien dalam satu ruangan yang kondisinya berbeda-beda.

Untuk para petugas kesehatan, Hartopo minta selalu semangat dan terus menerapkan protokol kesehatan.

“Tetap jalankan protokol kesehatan dan semangat untuk menjadi garda terdepan Covid-19,” pungkasnya. (JP/Shu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *