Berbagai Upaya Dinsos Jatim Wujudkan Jatim Sejahtera, Jatim Berkah, dan Jatim Harmoni

Berbagai Upaya Dinsos Jatim Wujudkan Jatim Sejahtera, Jatim Berkah, dan Jatim Harmoni

Sindikat Post, Surabaya – Meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) menjadi tujuan utama Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jatim. Untuk mencapai tujuan tersebut, Dinsos Provinsi Jatim memiliki dua sasaran strategis, yakni, meningkatkan kesejahteraan dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Kepala Dinsos Provinsi Jatim, Dr Alwi, M.Hum., mengatakan, hal ini sejalan dengan pekerjaan rumah (PR) besar Provinsi Jatim yang memiliki angka kemiskinan cukup tinggi. Oleh karena itu, Dinsos Jatim melakukan kegiatan yang bisa menekan angka kemiskinan.

“Ini sesuai prioritas RKPD 2020 dan sejalan dengan Nawa Bhakti Satya yang menjadi visi-misi ibu Gubernur Jatim, terutama Jatim Sejahtera, Jatim Berkah, dan Jatim Harmoni,” katanya, Rabu (13/1/2021).

Alwi menjelaskan, dalam menjalankan Jatim Sejahtera, Dinsos Jatim melakukan berbagai upaya peningkatan kesejahteraan sosial PPKS dengan memberikan layanan dan berbagai bantuan. Baik PPKS yang berada di dalam Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinsos Jatim maupun yang berada di luar UPT.

“UPT Dinsos Jatim melayani klien yang memiliki keterbatasan sosial. Kami berusaha meningkatkan kesejahteraan mereka, melalui pelayanan dasar, pemberian skill, dan bantuan keterampilan. Sementara PPKS yang sudah tidak bisa apa-apa, kami berikan layanan dasar saja,” ujarnya.

Dinsos Jatim juga memberikan pelayanan bagi PPKS yang berada di luar panti melalui berbagai program. Antara lain, program Program Keluarga Harapan (PKH) Plus, Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas Berat (ASPDB), Desaku Menanti, Pusat Kesejahteraan Sosial Anak Integratif (PKSAI), dan Jatim Social Care. @red (her)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *