PIK-R Permata dan Jendela Remaja Kota Madiun Peningkatan Life Skill Pembuatan Keset

PIK-R Permata dan Jendela Remaja Kota Madiun Peningkatan Life Skill Pembuatan Keset

Sindikat Post, Kota Madiun – Mengisi waktu luang dengan mengekspresikan ide atau gagasan adalah hal positif remaja yang patut dikembangkan dalam kondisi pandemi yang melanda saat ini.

Melihat peluang yang ada, menarik perhatian Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Permata Kampung KB “Sri Asih” Kelurahan Kanigoro, Kota Madiun, Jawa Timur untuk melakukan kegiatan berkreasi dalam pembuatan keset. Tidak sendirian, turut ikut belajar bersama, PIK-R Jendela Remaja Kota Madiun yang juga bertujuan untuk menjalin silaturahmi dengan aksi “GenRe Dedolan”.

Pusat Informasi dan Konseling Remaja atau yang biasa disingkat PIK-R merupakan wadah yang dikelola dari, oleh, dan untuk remaja, yang bertujuan memberikan informasi dan konseling mengenai PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja) dan kegiatan penunjang lain.

Senada dengan hal tersebut, kegiatan penunjang lain yang dimaksut salah satunya adalah dengan peningkatan life skill yang pendekatannya ramah dengan remaja dan juga merupakan salah satu dari substansi GenRe yang sangat penting bagi remaja.

Salah satu contoh peningkatan life skill tersebut adalah pembuatan keset ini. Kegiatan pembuatan kerajinan ini biasanya dilakukan di akhir pekan tepatnya pada hari Minggu dan sudah berjalan selama 1 bulan.

Diawali dengan mengumpulkan kain-kain bekas dan membeli beberapa kebutuhan kain lainnya dan dilanjutkan dengan membentuk potongan-potongan kecil yang nantinya akan disatukan dengan alas untuk membentuk keset yang siap pakai.

Sembari memotong kain-kain tersebut, dibuat juga motif atau pola pada alas yang digunakan untuk acuan memasang kain agar nantinya terlihat rapi dan indah. Jika sudah semua, maka tinggal tahap pemasangan sesuai pola dan jadilah sebuah keset yang menarik.

“Hingga saat ini, keset yang kami buat sudah sekitar 5 buah keset dan akan terus diperbanyak. Dan rencananya keset-keset ini akan kami pasarkan sementara di area lingkungan Kampung KB” ujar Anggun, Anggota PIK-R Permata, (13/11/2020).

Inovasi ini sangat menarik tentunya apabila terus dikembangkan oleh remaja. Apalagi ditambah banyak kelompok remaja yang ikut meliput, belajar bersama, atau hanya sekedar untuk menjalin silaturahmi. Peningkatan pada pelaksanakan ataupun pemasaran juga sangat diperlukan terutama pada dunia jagad maya yang banyak digandrungi remaja bisa dijadikan lahan pemasaran barang, termasuk keset ini.

“Kegiatan semacam ini perlu ada pengembangannya kedepan, baik dari segi pembuatan ditingkatkan maupun pemasaran yang harus diperluas. Tentunya teman-teman kita khususnya di PIK-R Permata membutuhkan partisipasi kita untuk ikut mendukung dan juga menyebarkan informasi mengenai peningkatan life skill salah satunya adalah pembuatan keset ini. Dan semoga kedepannya bisa terus berlangsung pembuatannya dan dipasarkan secara luas serta bisa dikenal sebagai produk asli anak PIK-R/anak GenRe,” tutur Dhefara Hersaning Djati, Wakil Ketua PIK-R Jendela Remaja dan Duta GenRe Jawa Timur 2020 (13/11/2020). @red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *