Ditpolair Polda Jatim Siaga Adanya Bencana Rob

Ditpolair Polda Jatim Siaga Adanya Bencana Rob

Sindikat Post, Surabaya – Ditengah malam Rabu 11 Oktober 2020, pukul 21.00 Wib warga perkampungan nelayan pesisir pantai jalan Nambangan, Kenjeran, Surabaya Timur dikejutkan datangnya angin kencang dan banjir air laut atau naiknya permukaan laut (ROB).

Dari peristiwa itu, perahu yang terdata mengalami kerusakan, sebanyak 23 perahu rusak parah dan 36 perahu rusak ringan. Sedangkan korban jiwa tidak ada.

Kelompok nelayan yang perahu mereka mengalami kerusakan, yaitu Kelompok Nelayan Udang di Kelurahan Kedung Cowek serta di Kecamatan Bulak, ada 10 perahu rusak parah dan 13 rusak ringan.

Kelompok Nelayan Samudra Jaya Nambangan Perak, Kelurahan Kedung Cowek, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya, 3 Perahu rusak parah dan 7 rusak ringan. Kelompok Nelayan Ikan Asap di Kelurahan Kenjeran, Kecamatan Bulak, ada 7 perahu rusak parah dan 1 rusak ringan.

Sedangkan Kelompok Nelayan Kepiting yang berada di Kelurahan Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak, diketahui ada 2 perahu yang telah mengalami rusak parah. Kelompok Nelayan Udang Rebon, berada di Kelurahan Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak, diketahui ada 4 perahu alami kerusakan.

Sedangkan Kelompok Nelayan Ikan Sembilang di Kelurahan Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak, ada 1 perahu mengalami rusak ringan. Kelompok nelayan Cumi Cumi di Kelurahan Tambak Wedi, Kecamatan Kenjeran, ada 7 Perahu mengalami kerusakan parah dan 1 perahu rusak ringan.

Untuk data terakhir Kelompok Nelayan Udang Putih, di Kelurahan Kenjeran, Kecamatan Bulak, ada 2 perahu rusak parah dan 1 perahu alami rusak ringan.

Dari peristiwa bencana ROB itu, anggota Polairud Polda Jatim yang dipimpin langsung Kombes Pol Arnapi, pada Kamis 12 Oktober 2020 pagi, segera membantu Masyarakat maupun Nelayan yang berada di wilayah Kenjeran untuk evakuasi.

Terkait peristiwa itu, Polairud Polda Jatim berupaya membantu meringankan beban masyarakat dan Nelayan, dengan menurunkan 30 personil anggota untuk segera membersihkan puing-puing yang berserakkan maupun perahu yang rusak.

Bencana angin kencang dan ROB yang dari Pesisir Pantai Timur itu, Dirpolairud Polda Jatim saat itu langsung mengerahkan anggota untuk membantu mengevakuasi masyarakat nelayan dan perahu-perahu yang diterjang ROB. .

“Polda Jatim sendiri saat ini telah menyiagakan anggotanya untuk persiapan dalam Pilkada Serentak di Jatim. Disamping itu juga telah menyiapkan anggota untuk siap mengantisipasi Bencana Alam yang terjadi di Jatim. Anggota Kepolisian dari Polda Jatim, untuk selalu Siap Siaga mengantisipasi Peristiwa-peristiwa alam yang terjadi,” tutur Kabidhumas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, S.I.K. Kamis 12 Oktober 2020 siang.

Dengan kejadian ini, masyarakat Jawa Timur dihimbau untuk selalu waspada akan adanya bencana alam yang terjadi di Jawa Timur. Pasalnya, dari BMKG sendiri juga sudah menghimbau masyarakat agar waspada dengan cuaca Ekstrim yang terjadi di Jawa Timur. @bertus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *