Kaper BKKBN Jatim Nobatkan Wagub Emil Dardak dan Arumi Bachsin Jadi Ayah dan Bunda Genre Jawa Timur

Kaper BKKBN Jatim Nobatkan Wagub Emil Dardak dan Arumi Bachsin  Jadi Ayah dan Bunda Genre Jawa Timur

Sindikat Post, Surabaya – Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Jawa Timur menggelar Grand Final Apresiasi Duta Genre dan Penobatan Ayah Bunda Genre Jawa Timur Tahun 2020 di ruang Lestari kantor BKKBN Jawa Timur jalan Airlangga 31-32 Surabaya, Jawa Timur. Rabu (5/8/2020).

Hadir dalam acara, Wakil Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Emil Elestianto Dardak, M.Sc., Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Timur, Arumi Bachsin, Kepala Perwakilan (Kaper) BKKBN Provinsi Jawa Timur, Drs. Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd., dan pejabat BKKBN Jatim antara lain Sekretaris, Shodiqin, S.H., M.M., Kabid KS-PK, Dra Suhartutik, M.M.

Ket : Dr. H. Emil Elestianto Dardak, M.Sc., dan Arumi Bachsin.

Turut hadir juga, Kepala DP3AK Jawa Timur, Drs. Andrianto, S.H., M.Kes., Ketua Umum Insan Genre Jawa Timur, Haydar Iskandar, peserta dari berbagai kota/kabupaten di Jawa Timur, dan para tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Panitia, Dra. Suhartutik, M.M., menjelaskan pemilihan duta Genre Jawa Timur.

“Pemilihan Duta Genre Jawa Timur bertujuan untuk mensosialisasikan Program Bangga kencana. Pemilihan Duta Genre tingkat Jawa Timur diikuti 59 peserta. Peserta selama 14 hari mengikuti tantangan sosialisasi dan membentuk kepribadian, dan kemudian terpilih 24 pasangan masuk semi finalis. Melalui virtual 27 Juli 2020 mengadakan tes tulis, dan terjaring 5 besar. Dan dalam Grand Final hari ini akan dinobatkan Juara,” ungkap Suhartutik.

Ket: Drs. Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd.

Pak Teguh panggilan akrab Kaper BKKBN Jawa Timur menjelaskan bahwa Duta Genre untuk sosialisasikan Program Bangga Kencana ke kaum millenial.

“Program Genre bagian tidak terpisahkan program BKKBN. Duta Genre untuk mensosialisasikan Program Bangga Kencana kepada kaum millenial, sehingga bisa membekali remaja menjadi keluarga baru yang sejahtera,” ungkap pak Teguh.

“Perencanaan masa depan yang baik bagi anak mellenial. BKKBN menyasar  kaum millenial sehingga ada tagline baru Berencana itu Keren. Duta Genre figur anak sehat dan brilian, dan dapat mengajak teman sebayanya memahami dan melakukan konsep berkeluarga yang baik,” tambah pak Teguh.

Ket: Penobatan Ayah dan Bunda Genre Jawa Timur.

“Dalam keadaan pandemi ini, kita laporkan ke pak Wakil Gubernur, bapak Emil, bahwa BKKBN Jawa Timur konsisten, aktifitas jalan terus, melakukan pelayanan publik dengan baik, dan menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan minimalis menggunakan sistem online atau daring,” ungkap pak Teguh.

“Hari ini, kita nobatkan Wakil Gubernur dan istri menjadi Ayah dan Bunda Genre. Harapannya sosok Ayah dan Bunda memotivasi remaja di Jawa Timur jadi lebih baik. BKKBN berterima kasih kepada pak Emil dan ibu Arumi yang bersedia menjadi Ayah dan Bunda Genre Jawa Timur,” pungkas pak Teguh.

Wakil Gubernur Emil Dardak dalam kesempatan, berterima kasih telah diangkat jadi Ayah Genre Jawa Timur.

“Alhamdulilah, saya hadir disini diundang pak Teguh dinobatkan menjadi Ayah Genre Jawa Timur. Duta Genre menguatkan lingkungan remaja satu sama lain. Salah satu tujuan hidup membesarkan anak dengan pendidikan dan membentuk karakter, dan tujuan itu kita membatasi berapa anak yang akan kita miliki,” ungkap Emil.

Ket: Juara 1 Duta Genre Jawa Timur.

“Remaja harus perlu paham cara hidup berkualitas. Hidup berkualitas adalah bahagia lahir dan batin, untuk kita sendiri dan untuk seseorang yang kita sayangi. Dalam komunikasi  keluarga mempunyai tingkat paling tinggi adalah kita merancang masa depan bersama dan perlu kepercayaan yang tinggi dalam pernikahan,” ungkapnya.

“Tetap merancang masa depan. Duta Genre adalah anugerah yang disyukuri bagi mengikuti, anda dijadikan teladan. Sekarang kita bicara BKKBN tidak hanya kontrasepsi tapi rencana pernikahan. Masa depan tidak lepas dari perencanaan keluarga,” tambahnya.

“Saya Sebagai Ayah dan istri saya sebagai Bunda menerima amanah dengan sepenuh hati, Kita berharap insan Genre menunjukan kedewasaan dalam perpikir. Cara kreativitas duta Genre menyampaikan pesan program Bangga Kencana,” pungkas Wakil Gubernur.

Arumi Bachsin mengucapkan terimakasih atas penganugerahan sebagai Bunda Genre.

“Saya terima kasih diamanahkan menjadi Bunda Genre. Tim penggerak PKK fokus stunting, pengetahuan mengenai gizi, reproduksi hatus ditanamkan ke remaja putri. Menjadikan remaja sebagai konsoler adalah strategi yang sangat baik,” ungkap Arumi.

“Teruslah berkarya sebagai duta Genre, sosialisasi pakai cara kekinian, saya selalu berantusias melihat kreasi remaja Genre di Jawa Timur,” pungkasnya.

Diakhir acara diumumkan para pemenang Duta Genre. Sebagai Juara Sosial Media Inspirator dimenangkan oleh Sofira Salwa dari Kabupaten Bangkalan. Dan juara pertama putra dari Kabupaten Madiun dan Juara pertama putri dari Kabupaten Ponorogo.

Juara 2 putra dari Kabupaten Malang, dan juara 2 Putri dari Kabupaten Probolinggo. Sedangkan juara 3 putra dari Kabupaten Blitar dan juara 3 putri dari Kabupaten Tulungagung. @red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *