BKKBN, Analisa dan Monitoring Berita di Media Online dan Media Cetak Periode Juni 2020

BKKBN, Analisa dan Monitoring Berita di Media Online dan Media Cetak Periode Juni 2020

Sindikat Post, Surabaya – Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang dipimpin Dr Hasto Wardoyo, SP.OG., setiap bulan mengeluarkan Analisa dan Monitoring Berita di Media Online dan Media Cetak.

Pemberitaan pada bulan Juni 2020, BKKBN diberitakan dalam 1.778 berita di 680 media online dan 236 berita di 77 media cetak. Sebaran media didominasi oleh media nasional yaitu Infopublik.id pada media online dan Radar Cirebon pada media cetak.

Sedangkan, dalam peta persebaran terlihat konsentrasi pemberitaan BKKBN secara keseluruhan berada di wilayah DKI Jakarta dan Jawa Timur.

Dominasi sentimen pada media online dan cetak banyak dipengaruhi oleh tonasi positif. Media
aktif menyoroti Pelayanan KB Serentak yang mencatatkan rekor MURI serta tindakan BKKBN untuk
menekan angka kelahiran akibat pandemi Covid-19.

Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor banyak diwartakan media. Gerakan ‘Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor’ yang diselenggarakan BKKBN, menjadi bagian dari bentuk peringatan atau Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang dilaksanakan dengan lebih dekat kepada masyarakat.

Hal ini dilakukan sebagai upaya BKKBN untuk menghadapi implikasi dari kondisi pandemi covid-19, sehingga terjadi pengurangan kunjungan masyarakat kepada fasilitas
kesehatan.

Isu terkait Peringatan Harganas ke-27, dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada pukul 08.00 waktu setempat s/d 15.00 dan dilakukan pencatatan Rekor MURI, dengan target layanan
sejumlah 1.373.902.

Dalam pelayanan KB sejuta akseptor ini, pemantauan dilakukan di Ruang
Serbaguna I Kantor Pusat BKKBN, melalui dashboard yang memperlihatkan hasil quick count secara realtime, dapat dipantau juga secara langsung oleh masyarakat melalui live streaming
Youtube BKKBN OFFICIAL.

Pada jajaran influencers, Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo menjadi figur internal yang paling banyak
menggiring narasi baik di media online dan cetak terkait isu Pelayanan KB Serentak dan Peringatan Harganas 2020. Hal ini menunjukan jika atensi media terhadap narasumber internal BKKBN cukup baik.

Pada jajaran narasumber, di media online Tertinggi adalah Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo, kedua adalah Ketua DPR RI, Puan Maharani, ketiga Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Riau, Misnarni Syamsuar, keempat Kepala BKKBN Perwakilan Jawa Barat, Kusmana, kelima Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dan keenam Kepala BKKBN Perwakilan Jawa Timur, Sukaryo Teguh Santoso.

Media online aktif mengutip pernyataan Hasto terkait Peringatan Harganas ke-27 serta Pelayanan KB Serentak. Hasto mengatakan pandemi ini tidak hanya berpotensi melonjaknya baby boom, namun juga berkurangnya kegiatan pelayanan KB baik peserta lama mau pun peserta KB baru yang ingin mendapatkan pelayanan KB melalui fasilitas kesehatan.

Pada Media cetak, Nara sumber tertinggi adalah kepala BKKBN, Hasto Wardoyo, kedua Kepala Dinkes Kota Cirebon, Edy
Sugiarto, ketiga Kepala BKKBN Jawa Timur, Sukaryo Teguh Santoso, keempat Jubir Tim Gugus Covid-19 Kota Cirebon, Sri Laelan Erwani, kelima Kepala Dinkes Provinsi Banten, Ati Pramudi Hastuti, dan keenam Wakil Walikota Tangerang, Sachrudin.

Media Cetak banyak dikutip perihal Peringatan Harganas ke-27. Hasto berharap adapun beberapa target strategis lainnya juga bisa segera terwujud.

Sedangkan Lima Nara Sumber dari Perwakilan BKKBN yang diulas di media online adalah Kepala BKKBN Jabar, kedua Kepala BKKBN Jatim, ketiga Kepala BKKBN Sumbar, keempat keempat BKKBN Gorontalo, dan kelima Kepala BKKBN Sumut.

Dan di Media Cetak Lima Narasumber dari perwakilan BKKBN peringkat pertama adalah Kepala BKKBN Jawa Timur, kedua Kepala BKKBN Jawa Barat, ketiga Kepala BKKBN Banten, keempat Kepala BKKBN Riau, dan kelima Kepala BKKBN Kalteng.

Dari Ekspos Program BKKBN, media online dan cetak fokus pemberitaan program  Ketahanan pangan, kedua Penyuluh KB, ketiga Kampung KB, keempat Generasi Berencana dan kelima PIK Remaja.

Terkait Sebaran media, pada media online terkonsentrasi pada media basis nasional. Dan Infopublik.id menjadi kontributor teratas pemberitaan pada media online dengan dominasi isu seputar Peringatan Harganas 2020. Adapun media lokal yang turut meliput di antaranya Antara Sultra, Antara Kalbar, dan Sindikat Post.

Sedangkan, media daerah justru memenuhi ruang pemberitaan pada media cetak. Radar Cirebon menjadi yang paling aktif
memberitakan seputar BKKBN terkait Informasi Seputar Covid-19. @red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *