Kepala BKKBN dan Kepala BNPB Bertemu Bahas Perkembangan Program Bangga Kencana di Masa Pendemi

Kepala BKKBN dan Kepala BNPB Bertemu Bahas Perkembangan Program Bangga Kencana di Masa Pendemi

Sindikat Post, Jakarta – Kepala Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K)., bertemu dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo di Graha BNPB Jakarta pada hari Jumat (05/06/2020) lalu.

Dalam pertemuan tersebut dibahas beberapa hal diantaranya terkait perkembangan penanganan COVID 19 di Indonesia dan juga perkembangan program Kependudukan, Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (Bangga Kencana) selama pandemi COVID 19.

Kepala BKKBN dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) menjelaskan, “BKKBN memiliki Penyuluh KB serta ribuan kader yang yang tersebar di seluruh Indonesia untuk memberikan penyuluhan, KIE (Komunikasi, Informasi, Edukasi) pada masyarakat. Selama pandemi COVID 19 ini Penyuluh KB (PKB) tetap aktif dan hadir melalui berbagai media komunikasi yang ada, untuk berkomunikasi dan menyampaikan program kepada masyarakat. Kami membuat penyuluhan KB dengan e-learning. Harapan saya kalau wabah virus corona ini sudah reda maka e-learning akan tetap kita pakai untuk PKB dengan memberikan materi dan modul,” jelas Hasto.

Ket: Letjen TNI Doni Monardo (kiri) dan dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) (kanan).

Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo menyampaikan, “Yang penting adalah ibu dan bayi harus dipastikan sehat karena angka kematian Ibu dan kualitas bayi yang dilahirkan kurang maka akan menjadi masalah di kemudian hari seperti stunting yang tentunya hal ini akan mempengaruhi bonus demografi, kita perlu kerja keras mengingatkan masyarakat untuk dapat menjaga kesehatan Ibu dan bayi, karena saya baca di media bahwa salah satu dampak Covid 19 adalah meningkatnya pertambahan kelahiran tapi hal ini tidak hanya di Indonesia tapi di seluruh dunia, terkait sosialisasi program bisa kembali memanfaatkan radio melalui RRI misalnya itu dapat dimanfaatkan untuk menyebarkan program KB ke masyarakat,” papar Doni.

Kepala BKKBN dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) mengungkapkan, “BKKBN selama pandemi COVID 19 telah memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) yang diberikan langsung kepada Ikatan Bidan Indonesia (IBI) diharapkan bantuan ini dapat digunakan para bidan dalam mendukung pelayanan kontrasepsi selama pandemi,” pungkas Hasto. @red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *