BI Jatim Tiadakan Penukaran Uang Baru di Tempat Umum

BI Jatim Tiadakan Penukaran Uang Baru di Tempat Umum

Sindikat Post, Surabaya – Ditengah pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia, Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Timur tetap berkomitmen penuh terhadap layanan sistem pembayaran yang aman, lancar, andal, dan efisien. Serta memastikan ketersediaan uang Rupiah di masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri 1441 H.

Hal itu disampaikan Difi Ahmad Johansyah, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, saat diskusi Bincang Bareng Media secara daring, Selasa (28/4/2020).

“BI Jatim telah melibatkan Penyelenggara Jasa Pengolahan Uang Rupiah (PJPUR) dalam pendistribusian uang layak edar. Namun untuk tahun ini, kegiatan penukaran uang layak edar yang rutin dilakukan dalam menyambut Ramadhan dan Idul Fitri, hanya dilakukan melalui Perbankan,” ujarnya.

“Hal ini terpaksa dilakukan untuk mengurangi kerumunan massa dan antisipasi penyebaran Covid-19. Sekaligus implementasi terhadap program PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang dicanangkan pemerintah. BI juga memastikan bahwa uang layak edar tersebut, telah terjaga kebersihannya sesuai dengan protokol Covid-19,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Divisi SP PUR Layanan & Administrasi BI Jatim Abrar, memprediksi akan terjadi penurunan penukaran uang baru tahun ini akibat pandemi Covid-19. Sebab penukaran uang baru pecahan kecil hanya bisa dilakukan di 273 bank di seluruh Jawa Timur.

“Lebaran tahun ini BI Jatim menyediakan uang baru sebesar Rp 25, 8 Trilyun. Sementara tahun lalu, dari Rp 33,4 Triliun yang disediakan terealisasi sekitar Rp 26 – 27 Trilyun. Masyarakat juga bisa memanfaatkan pembayaran non tunai seperti QRIS sebagai pola transaksi dalam kondisi saat ini,” ujarnya.

“Apalagi QRIS tidak hanya untuk transaksi jual beli. Namun juga bisa dimanfaatkan untuk pembayaran yang sifatnya keagamaan, seperti infaq, sodaqoh, bayar zakat dan sejenisnya, khususnya di bulan Ramadan ini,” pungkasnya. @juju

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *