Dampak Corona, Muncul Petisi “Bebaskan Biaya Kuliah Semester Akhir”

Dampak Corona, Muncul Petisi “Bebaskan Biaya Kuliah Semester Akhir”

Sindikat Post, Surabaya – Salah satu mahasiswa bernama Anita Mayanti atau biasa dipanggil Nimay. Mahasiswa akhir di jurusan agroteknologi di Fakultas Pertanian Universitas Riau. Membuat petisi “Bebaskan Biaya Kuliah Mahasiswa Akhir”, yang ditulis dan dimuat di www.change.org.

Berikut isi petisi yang dibuat Nimay beberapa hari yang lalu:

Karena pandemik Corona yang melanda negeri kita beberapa minggu ini, saya ikutan kuliah di rumah secara online. Mungkin sebagian mahasiswa bisa melaksanakannya, tapi tidak dengan saya yang harus menyusun skripsi atau tugas akhir untuk syarat kelulusan.

Karena wabah Corona, saya harus menunda penelitian saya di lapangan dan laboratorium. Bimbingan online pun tidak efektif dan saya mungkin tidak bisa menyelesaikan tugas akhir saya semester ini. Kemdikbud sudah berikan beberapa opsi untuk gantikan UN bagi siswa SD, SMP, dan SMA. Tapi belum ada kebijakan yang membahas skripsi.

Dari awal saya sudah menyusun target kapan saya harus lulus. Apalagi saya merupakan penerima beasiswa Bidikmisi. Semester 8 ini adalah beasiswa Bidikmisi saya yang terakhir.

Kalau saya harus tambah satu semester lagi, saya bayar uang kuliah pakai apa ?. Saya tidak ingin menambah beban orang tua. Semester ini saja uang kuliah saya tidak terpakai efektif.

Tidak menyalahkan siapa-siapa, tetapi hanya berharap ada kepedulian pihak terkait terhadap nasib mahasiswa akhir ini, apalagi dengan status penerima beasiswa Bidikmisi.

Melalui petisi ini, saya meminta Kemdikbud bebaskan biaya kuliah untuk mahasiswa semester akhir dan hapuskan atau ganti skripsi dengan opsi lain. Agar kami tetap bisa lulus tanpa menunda hingga semester depan.

Diakhir tulisan petisi, Nimay minta dukungan, karena menurutnya dukungan itu sangat berarti. Bukan hanya untuk dirinya, tapi juga puluhan ribu mahasiswa tingkat akhir lainnya. @red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *