TK Desa Kodasari, Membentuk Mental dan Karakter Anak

TK Desa Kodasari, Membentuk Mental dan Karakter Anak

Sindikat Post, Majalengka – Menurut Laporan TPID Kecamatan Ligung, Desa Kodasari, memandang pendidikan bagi anak usia dini sangat penting. Saat itu, pembentukan mental dan karakter anak (usia 0-5 tahun) terbangun. Karena itu, Pemerintah Desa mengalokasikan dana desa untuk membangun sarana penunjang pendidikan anak usia dini dan Taman Kanak-kanak di desa.

Desa Kodasari merupakan salah satu desa di Kecamatan Ligung, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Desa Kodasari berdiri sejak 9 September 1939. Wilayah desa merupakan daerah pertanian tadah hujan dengan komoditas unggulan padi dan palawija. Saat luang, warga desa banyak menjadi buruh bangunan, pengrajin bata merah, dan pedagang keliling di kota.

Usia dini merupakan masa emas (golden age) bagi tumbuh kembang anak. Sayang, sebelum tahun 2018 desa Kodasari belum memiliki fasilitas belajar mengajar bagi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan TK. Selama ini, kegiatan PAUD dan TK masih menumpang di sarana Sekolah Dasar (SD).

Pada tahun 2018, Musyawarah Desa Kodasari sepakat untuk mengalokasikan anggaran Dana Desa untuk pembangunan sarana pendukung belajar mengajar, seperti ruang kelas, wahana permainan, dan media belajar lainnya.

Menindaklanjuti hasil musyawarah desa, pemerintah Desa Kodasari mengalokasi anggaran Rp 423.000.000,- untuk mewujudkan infrastruktur  pendukung PAUD dan TK. Program pendidikan ini disambut antusias oleh masyarakat desa. 

Kini, anak-anak Desa Kodasari dapat mengakses pendidikan dasar yang berkualitas. Semoga anak-anak itu mendapat perhatian yang konsisten dan maju terus dalam pendidikan yang makin tinggi demi masa depan yang lebih sejahtera. Aamiin. @red (hs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *