Open House SMP Al Falah Surabaya, Kenalkan Budaya Literasi Lewat Berbagai Kompetisi

Open House SMP Al Falah Surabaya, Kenalkan Budaya Literasi Lewat Berbagai Kompetisi

Sindikat Post, Surabaya – Untuk menyukseskan program pemerintah dan mengenalkan budaya Literasi pada siswa melalui cara yang berbeda. SMP Al Falah Surabaya menggelar Open House bertajuk Harmonisasi Literasi Al Falah Madani, Sabtu (29/2/2020).

Menurut Kepala Sekolah SMP AL Falah Surabaya Jusa Indrawan, Gerakan Literasi tidak harus dimaknai dengan kegiatan rutin membaca dan merangkum buku.

“Open house ini merupakan salah satu upaya memperkenalkan literasi dengan cara yang berbeda kepada masyarakat. Diantaranya melalui berbagai kompetisi seperti jurnalis cilik, cipta komik, tahfid Quran, dan qishasul Quran atau story telling kisah-kisah dalam Al Quran. Yang semuanya diikuti puluhan siswa SD dari Surabaya dan sekitarnya,” ujarnya.

“Semua kompetisi ini bertujuan memacu anak-anak untuk gemar membaca secara umum maupun lingkungan sekitarnya. Dalam kompetisi jurnalis cilik, para siswa peserta akan melakukan reportase atau kegiatan peliputan acara, lalu menuangkannya dalam bentuk karya tulisan jurnalistik. Untuk cipta komik, siswa diminta membuat komik berdasarkan kisah-kisah Islami,” tambahnya.

“Sementara tahfid Quran merupakan kompetisi menghafal ayat-ayat Al Quran. Sedangkan untuk qishasul Quran, diharapkan siswa dapat mencerna isi dari kisah dalam Al Quran. Kemudian menyampaikan kembali dengan cara yang lebih komunikatif dan berbeda,” ungkapnya.

“Selain kegiatan ini, kami juga mengadakan Studi Literasi dengan mengunjungi perpustakaan yang diagendakan tiap semester. Bahkan siswa-siswi dalam tahun pertamanya, juga berhasil menerbitkan antologi buku, dan juga buletin organisasi,” pungkasnya.

Dalam kegiatan Open House tahun keduanya ini, pihak sekolah juga memperkenalkan dan menampilkan sejumlah kegiatan ekstrakurikuler sekolah, seperti dokter cilik, serta tari saman dan banjari. Serta membagi belasan hadiah bagi para siswa pemenang kompetisi. @juju

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *