BNNP Jatim Musnahkan 8 Kg Sabu Jaringan Malaysia

BNNP Jatim Musnahkan 8 Kg Sabu Jaringan Malaysia

Sindikat Post, Surabaya – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jatim memusnahkan narkoba jenis sabu seberat 8.150 gram. Sabu tersebut diamankan dari 3 tersangka yaitu ZA, IP dan ME, dari satu kejadian perkara. Ketiganya diduga merupakan jaringan pengedar narkoba asal Malaysia.

Menurut Kepala BNNP Jatim, Brigjen Pol Bambang Priyambada, petugas mengamankan ketiganya di salah satu hotel yang berada di kawasan Surabaya Selatan pada Sabtu (28/12/2020).

“ZA dan IP kami tangkap lebih dulu. Mereka disuruh bosnya untuk pesan dua kamar hotel. Satu untuk mereka berdua dan satu kamar nomor 910 untuk menyimpan Sabu. Rencananya, Sabu itu akan dikirim ke Pamekasan, Madura,” ujarnya di kantor BNNP Jatim, Surabaya, Selasa (11/2/2020).

“Sabu itu mereka bawa dari Batam melalui jalur darat dengan bus menuju Jakarta. Dan dari Jakarta ke Surabaya menggunakan kereta api. Rencana awalnya menggunakan kapal laut. Namun karena di Pelabuhan Batam ada pemeriksaan X-ray, akhirnya digunakan jalur darat. Dalam pengiriman ini, ZA dan IP mendapat upah Rp. 32 juta yang ditransfer ke rekeningnya,” tambahnya.

“Tak lama kemudian, tersangka ME kami amankan saat datang ke hotel untuk mengambil Sabu guna dibawa ke Pamekasan, Madura. Ia mendapat upah 7 ribu Ringgit atau Rp. 21 juta dan uang transport Rp. 2 juta,” pungkasnya.

Sabu seberat 8150 gr tersebut, akhirnya dimusnahkan dengan cara dibakar menggunakan mesin incenerator. Sementara ketiga tersangka akan dijerat Pasal 114 ayat (2) Subs Pasal 112 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) UU RI No.35 tahun 2009 tentang Narkotika. @juju

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *