Pemasangan PLTS, Hotel MaxOne Dharmahusada Surabaya Jadi Hotel Ramah Lingkungan

Pemasangan PLTS, Hotel MaxOne Dharmahusada Surabaya Jadi Hotel Ramah Lingkungan

Sindikat Post, Surabaya – Hotel MaxOne Dharmahusada Surabaya bekerjasama dengan PT. Sentratek Energi Indonesia (SEI) dalam rangka melakukan rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

PT. Sentratek Energi Indonesia merupakan perusahaan pengembang penyedia jasa teknologi tenaga surya. Sedangkan PLTS adalah pembangkit listrik yang mengubah energi surya menjadi energi listrik sinar Matahari.

Presiden Director PT Sentratek Energi Indonesia, Iskandar menjelaskan bahwa kerjasama ini menggunakan pola Build Operate Transfer (BOT) yang akan berlangsung selama 20 tahun.

“Energi PLTS sangat cocok untuk daerah tropis seperti Indonesia, dengan begitu kita ikut menjaga lingkungan dalam setiap menjalankan proses bisnisnya,” tutur Iskandar. Senin (10/2/2020).

Iskandar menambahkan, ini merupakan pemanfaatan energi terbaru renewable energi di Indonesia, selain guna menjaga lingkungan. Pembangunan PLTS juga mampu memberikan benefit bagi perusahaan jika dalam pengolahannya terdapat kelebihan kapasitas produksi listrik.

“Apabila terdapat kelebihan dalam produksi listrik per KWH, pelanggan berhak untuk menjual kelebihan kapasitas tersebut ke PT. Perusahaan Listrik Negara atau PLN persero dengan harga yang telah disetujui bersama,” ungkapnya.

Iskandar melanjutkan dalam operasional PLTS diberlakukan pembagian jam kerja. “Dengan pemberlakuan jam kerjanya dari jam pukul 06.00 hingga pukul 18.00, itu akan menggunakan listrik tenaga surya, selebihnya diatas pukul 18.00 maka perusahaan tersebut mendapatkan energi dari Perusahaan Listrik Negara, seperti biasa untuk pembayaran ini akan dikenakan tagihan di bulan berikutnya atau sistem pasca bayar,” paparnya.

Owner MaxOne Dharmahusada Hotel Surabaya, Johny Hartono Poernomo mengatakan, harapannya dengan segera terealisasinya PLTS ini MaxOne Dharmahusada menjadi pilot project untuk lokasi lainnya.

“Hotel MaxOne Dharmahusada Surabaya akan menjadi percontohan hotel seluruh Indonesia. Dengan pemasangan PLTS ini selain ramah lingkungan, energi ini selalu tersedia dan merupakan energi listrik yang tidak akan pernah ada habisnya. Seperti bahan bakar fosil lainnya sehingga tidak menyebabkan krisis kelangkaan,” pungkasnya. @red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *