Menteri Perdagangan Luncurkan Cak Enda, Maskot Harkonas 2020 Di Surabaya

Menteri Perdagangan Luncurkan Cak Enda, Maskot Harkonas 2020 Di Surabaya

Sindikat Post, Surabaya – Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI, resmi meluncurkan maskot Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2020 bertajuk “Cak Enda” di ruang Bhinaloka Kantor Gubernur Jatim, Surabaya, Jumat (31/1/2020).

Menurut Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Cak Enda merupakan maskot berbentuk ikan Lumba-lumba, hewan yang terbilang cerdas dan sering membantu manusia.

“Penamaan Enda sendiri merupakan singkatan dari Konsumen Berdaya. Kami harapkan nama ini bisa memberi semangat pada perlindungan Konsumen di Indonesia. Selain itu, Si Lumba-lumba ini juga memakai pakaian dan atribut khas Jawa Timur, seperti Udeng Batik Poteh Pancot, beskep hitam, dan jarik,” ujarnya.

Tahun ini Provinsi Jawa Timur dipilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan Harkonas 2020 pada akhir Maret mendatang.

“Saya lihat Jawa Timur merupakan daerah yang sangat peduli konsumen. Sekali lagi selamat, untuk itu tahun ini kami pilih tempat perayaannya di Jatim. Rencananya akan digelar pada 29-30 Maret 2020 di lapangan Kodam V/ Brawijaya, Surabaya,” tambahnya.

Lebih lanjut Agus menjelaskan bahwa tema Hakornas tahun ini adalah perlindungan konsumen menuju Indonesia Maju. Nantinya fokus kegiatan Hakornas 2020 adalah meningkatkan konsumsi dan kepercayaan konsumen untuk membangun dinamika pasar yang baik.

“Perlindungan konsumen sangat penting, karena kita harus memberi jaminan kualitas dan kesinambungan. Hakornas 2020 adalah penanda bahwa negara hadir dalam perlindungan konsumen dan saya berharap bisa berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak mengatakan Hakornas adalah momentum penting karena mencakup aspek yang luas, mulai dari fair price, fair quantity dan fair quality.

“Tentunya dengan teknologi terkini, banyak terobosan untuk melindungi konsumen, memberikan kepercayaan dan optimisme bagi perusahaan untuk bisa berbisnis secara adil,” ujar Emil. @juju

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *