Dra Sri Danti Anwar MA diangkat jadi Ketua STIKes Mitra RIA Husada

Dra Sri Danti Anwar MA diangkat jadi Ketua STIKes Mitra RIA Husada

Sindikat Post, Jakarta – Bertempat di kampus STIKes Mitra RIA Husada di kawasan Cibubur Jakarta Timur, Prof Dr Haryono Suyono sebagai Ketua Dewan Pembina Yayasan Karya Bhakti Ria Pembangunan (YKBRP) memberikan pengarahan kepada para pengurus yayasan, pengawas dan para pimpinan serta para dosen perguruan tinggi. Acara ini merupakan pertemuan perdana dengan calon Ketua STIKes MRH, Dra Sri Danti Anwar, MA yang rencananya akan mengganti Ketua lama, dr Hakim Sarimuda Pohan, SpOG. Rabu (11/12/2019).

Dalam arahannya, Prof Haryono menyampaikan terima kasih kepada Ketua lama dan memberikan apresiasi yang sangat tinggi karena telah bekerja dengan penuh semangat, dan dedikasi yang luar biasa dan selamat bertugas calon Ketua yang baru.

Dalam kesempatan ini, Haryono juga menyampaikan pesan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadien Makarim yang memprioritaskan pembangunan sumberdaya manusia dalam rangka menyiapkan pemimpin masa depan. Mahasiswa nantinya diharapkan makin mahir menggunakan teknologi, pembelajaran dan memperkuat karakter mahasiswa agar bisa menjadi pemimpin yang ideal bagi masa depan yang diharapkan bangsanya. 

Karena itu perlu adanya perubahan paradigma, dosen bukan saja menggurui mahasiswa, bukan sekedar memberikan kuliah atau ceramah seperti biasa, tetapi dosen harus memiliki informasi baru yang perlu disampaikan dan memberikan fasilitasi dalam proses pembelajaran dimaksud, dosen harus melayani dan membangun suasana belajar yang kondusif dan dinamis.

“Kita semua harus berorientasi masa depan sehingga kita perlu memiliki kompetensi yang tinggi, merangsang kreativitas, membangun kolaborasi, mampu melakukan komunikasi yang efektif, memiliki critical thinking, computation dan sifat compassion yang tinggi,” ujar Haryono.

Haryono meminta kepada Ketua STIKes yang baru agar secara periodik mengadakan pertemuan dengan para dosen guna mendapatkan masukan, dan saling memberikan masukan atas rancangan perubahan besar yang disesuaikan dengan era industri 4.0.

“Disamping itu dosen dan mahasiswa bersama-sama diharapkan mengundang masyarakat luas sebagai sasaran sekaligus untuk mengukur kepusasannya atas pelayanan yang kita berikan sehingga otomatis mereka ikut berpartisipasi melalui seminar atau pertemuan di lingkungan kampus. Pertemuan ini dipergunakan sekaligus sebagai ajang pameran dan promosi agar mahasiswa bisa menjajagi pasar kerja yang paling aktual,” ungkap Haryono.

Selanjutnya Haryono menekankan agar mahasiswa STIKes MRH menguasai bahasa Inggris, bahasa koding/bahasa komputer, statistik, psikologi dan memiliki rasa nasionalisme yang tinggi. STIKes MRH harus mengadakan kerjasama dengan lembaga atau para penerima lulusan, dengan harapan agar hubungan dengan para lulusan dan para penerima lulusan semakin dekat, sekaligus menjadi up to date agar mengetahui kebutuhan yang ada di lapangan.

“Kalau perlu diundang tokoh-tokoh dan para pengguna lulusan STIKes MRH untuk memberikan kuliah tamu, sehingga ekspektasi dari para pengguna lulusan ini semakin cocok dan bisa memberikan manfaat yang tinggi terhadap pemenuhan konsumen. Kuliah Kerja Nyata perlu digalakkan, sehingga para mahasiswa diperkenalkan sekaligus pada lingkungan kerja dan suasana yang ada di lingkungan di luar kampus. Para dosen dihimbau untuk menganjurkan mahasiswanya membaca buku sebelum menerima kuliah, sehingga ada semacam Buttom-up Training dan akan timbul suasana saling belajar, dalam arti belajar bersama diantara dosen dan mahasiswa,” tambah Haryono.

Selanjutnya Haryono mendorong pengembangan program studi yang dibutuhkan masyarakat luas, misalnya program studi K3 yang lebih luas di lingkungan STIKes MRH agar makin bisa menanggapi syarat-syarat yang makin ketat bagi industri dan masyarakat kita bersaing dalam kancah internasional. Pimpinan STIKes MRH dan jajarannya diajak untuk bekerja sama secara kompak dengan Yayasan Karya Bhakti Ria Pembangunan demi kemajuan yayasan yang diwariskan oleh ibu Tien Soeharto dan perguruan tinggi yang dicintainya.

Sementara itu dalam sambutannya, Ketua YKBRP, Ibu Milangoni Subiakto Tjakrawerdaja menyampaikan selamat datang kepada Dra Sri Danti Anwar, MA., yang pagi ini diangkat secara resmi sebagai Ketua STIKes MRH yang baru, meskipun belum dilantik tetapi perlu segera diangkat dan SK pengangkatannya langsung diserahkan hari ini juga. Hal itu dilakukan agar Ketua dan para pimpinan STIKes MRH, bisa segera bekerja cepat dan tidak membuang waktu sia-sia. @red (hs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *