Wisata Hutan Pinus di Limpakuwus Banyumas

Wisata Hutan Pinus di Limpakuwus Banyumas

Sindikat Post, Banyumas – Pada akhir tahun lalu Ketua Tim Pakar Menteri Desa PDTT Haryono Suyono mendapat laporan dari Jawa Tengah bagwa bila kita ingin menikmati udara segar dan sejuk dianjurkan untuk pergi ke gunung yang udaranya sangat bersih, belum tercermar udara kotor atau limbah lainnya. Di Jawa Tengah yang terkenal padat penduduk dan lalu lintas mobilnya banyak, sesungguhnya masih menyimpan daerah gunung yang bebas polusi dan bisa dinikmati dengan nyaman serta memakan biaya yang relatif murah.

Salah satu fasilitas itu adalah hutan pinus milik perhutani yang dekat dengan desa Limpakuwus, Sumbang di Banyumas bisa menjadi salah satu potensi yang patut dijadikan destinasi wisata baru.

Dewasa ini Pemerintah Desa bekerjasama dengan perhutani dan LMDH membangun sarana prasarana yang dibutuhkan untuk menjadikan wilayah ini sebagai destinasi wisata yang baik. Beberapa sarana prasarana yang disediakan seperti toilet, tempat berfoto yang menarik atau spot selfie, tempat duduk, jalan yang bagus, dan lain sebagainya. Tempat yang nyaman untuk beristirahat dan menikmati keindahan dan kesejukan wilayah hutan yang bersih juga disediakan sehingga para turis merasa nyaman berada di tengah hutan yang sejuk tersebut.

Saat ini sedang dikembangkan tumpangsari dengan pohon pace sebagai agrowisata juga untuk diambil buahnya sebagai obat herbal. Berbagai tanaman seling juga dikembangkan sehingga hutan itu menjadi bertambah rimbun sehingga membawa kesan bagi pendatang seakan berada di tanah yang bisa disebut “perawan” karena masih kaya dengan nuansa yang tidak ada di kawasan kota tempat asalnya. Semoga mendatangkan perbaikan karena menikmati udara segar di pegunungan. @red(hs)

39 kali dilihat, 15 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!