Wisata Alam Desa Cikiruhwetan Pulau Tinjil

Wisata Alam Desa Cikiruhwetan Pulau Tinjil

Sindikat Post, Pandeglang – Kabupaten Pandeglang yang biasanya terkenal sebagai kabupaten miskin dewasa ini selalu disebut oleh Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo sebagai kabupaten yang berkembang pesat karena keberhasilan Prukades dengan penanaman jagung yang berhasil. Awal Februari ini melaporkan adanya perkembangan baru tentang popularitas Pulau Tinjil di Desa Cikiruhwetan, Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang, Banten yang terus meroket.

Menurut Lukman, Kepala Desa Cikiruhwetan, wisata Pulau Tinjil selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik hari biasa maupun hari liburan. Bila Anda berkunjung ke Kota Pandeglang, rasanya belum lengkap tanpa singgah ke Pulau Tinjil.

Akses menuju lokasi wisata relatif mudah, yaitu mengarah menuju Desa Cikiruhwetan, Cikeusik. Mmenggunakan kendaraan umum, mencari angkutan menuju ke Terminal Bus Kota Kecamatan Cikuesik, setelah itu menggunakan jasa ojek menuju Desa Cikiruhwetan. Disana berkeliling pulau dengan segud3ang pesona alam yang indah dan eksotik. Wisatawan menemui hamparan pasir yang lembut dan berwarna putih bersih. Keindahan alam pulau ini tiada duanya. Pemandangan alam di pulau sangat asri dengan aneka jenis pohon, seperti Pulau Tinjil juga banyak dihuni kera jenis ekor panjang atau macaca fascicularis. Jenis kera itu tergolong jinak dan cepat beradaptasi. Pulau Tinjil juga menawarkan keindahan bawah laut, termasuk yang hobi Snorkling ataupun Diving.

Di Desa Cikiruhwetan wisatawan dapat menggunakan penyeberangan perahu bermotor melalui Dermaga Binuangen. Sebelum menyeberang, semua pengunjung harus mengurus izin ke Pusat Studi Satwa Primata terlebih dahulu. Pengunjung akan melewati sejumlah tahap pemeriksaan. Wisatawan harus terbebas dari beragam jenis penyakit menular seperti tubercolosis (TBC) maupun simian retrovirus (SRV).

Lokawisata Pulau Tinjil telah memiliki sejumlah fasilitas pendukung untuk melayani para pengunjung, seperti area parkir kendaraan, mushola, kamar mandi/MCK, tempat istirahat, rumah makan, penginapan, dan masih banyak lagi.

Mari mencoba destinasi wisata Desa Cikiruhwetan bernama ke Pulau Tinjil!. @ red (hs)

678 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!