Waspada Corona, PN Surabaya Akan Gelar Sidang Online Perkara Pidana

Waspada Corona, PN Surabaya Akan Gelar Sidang Online Perkara Pidana

Sindikat Post, Surabaya – Untuk mengantisipasi meluasnya wabah virus Corona (Covid 19), khususnya untuk para tahanan atau terdakwa yang menjalani persidangan. Telah diadakan rapat terbatas (ratas) di ruang rapat lantai 6 gedung Pengadilan Negeri (PN) Jl. Raya Arjuna, Surabaya. Kamis (26/3/2020).

Ratas dihadiri Ketua Pengadilan Negeri (KPN) Surabaya Nursyam, S.H.,M.Hum., Humas PN Martin Ginting, S.H., M.Hum., pihak Rutan Klas 1 Surabaya, pihak Kejaksaan Perak, dan pihak Kejaksaan Negeri Surabaya.

Sesuai dengan arahan Ketua Mahkamah Agung (KMA) melalui SEMA No.1 Tahun 2020, serta surat dari Menkumham tentang persidangan online, rapat memutuskan untuk melaksanakan sidang secara online (telekonfrence). Hal itu diutarakan humas PN Surabaya, Martin Ginting, S.H., M.Hum.

“Sidang telekonferences akan diupayakan mulai pada hari Senin tanggal 30 Maret 2020, dimana terdakwa tetap berada di rutan, sedangkan Jaksa, saksi , pengacaranya dan hakimnya tetap ada di Ruang sidang PN Surabaya,” ungkap Martin Ginting, Kamis (26/3/2020).

“Jaksa Penuntut Umum (JPU) dan pihak Rutan Surabaya sepakat mewujudkan sidang online (terdakwa tanpa hadir di ruang Sidang PN Surabaya). Hal ini merupakan kepedulian aparat penegak hukum untuk mencegah meluasnya wabah virus Corona,” tambahnya

“Menurut KPN Surabaya, para tahanan sangat rentan dengan virus, karena daya tahan tubuh mereka kurang fit, karena pada umumnya para tahanan asupan gizi nya kurang, dan istirahatnya kurang baik, sehingga sangat rentan, dan karena rata -rata Rutan di Wilayah hukum PN Surabaya over kapasitas, melebihi 300%, maka harus di perketat interaksi dengan pihak luar rutan, agar mereka tidak terpapar virus,” tambah Martin Ginting.

“Pelaksanaan sidang online akan kita amati pelaksanaannya, dan bila ada yang kurang baik akan dievaluasi, yang penting tujuan kita adalah menyelamatkan masyarakat dari wabah,” pungkas Martin Ginting mewakili KPN Surabaya, Nursyam, S.H,. MHum. @red

414 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!