Warga Sibolga, Sumut Tertipu Penggandaan Uang

Warga Sibolga, Sumut Tertipu Penggandaan Uang

Sindikat Post, Surabaya – Subdit III Jatanras Dirreskrimum Polda Jatim berhasil ungkap Tindak Pidana Penipuan penggelapan. Keberhasilan itu direlease oleh Direktur Rekrimum Polda Jatim Kombes Pol Pitra A Ratulangi didampingi Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol F Barung Mangera didepan halaman Ditreskrimum Polda Jatim. Rabu (27/11/2019).

Kronologi kejadian, pada hari Sabtu (9/11/2019) tersangka RRN bertemu dirumah korban bernama AL di kota Sibolga Sumatera Utara. Saat dirumah korban RRN mempertontonkan video penggandaan uang sebanyak 10 kali lipat yang dilakukan oleh tersangka GI alias AV, sehingga korban merasa tertarik setelah melihat video dan ingin dipertemukan.

Tanggal 10 November 2019, AL yang didampingi putranya dan teman putranya berangkat ke Jember diantar oleh tersangka RRN. Sampai di Jember korban di jemput oleh tersangka HD alias TN, dalam perjalanan menuju rumah GI alias AV yang berdomisili di Kecamatan Sempolan Jember, Korban AL dimintai uang Rp. 6.000.000,- dipakai membeli peralatan untuk syarat saat melakukan ritual penggandaan uang.

Sesampai dirumah GI alias AV meminta uang sebesar Rp 7.100.000,- sebagai awal untuk digandakan. Karena anak Koban masih belum percaya maka GI alias AV mengajak IBR alias ANDR tersangka yang berperanan sebagai kiyai.

Pada tanggal 13 November 2019, korban menyerahkan uang kepada IBR yang berperan sebagai Kiyai. Tas yang berisi uang oleh IBR diganti dengan tas yang sama merk dan Warnanya dan diganti isinya dengan bantal, keramik dan kardus. Pesan IBR bahwa koper itu yang boleh membuka hanya tersangka RRN.

Setelah beberapa hari korban tinggal di hotel dan menghubungi IBR yang berperan sebagai Kiyai melalui HP tidak ada jawaban. Akhirnya korban yang dirugikan Rp. 671.000.000,- lapor ke SPKT Polda Jatim. Dengan surat laporan Polisi Nomor: LPB/1020/XI/2019/UM/Jatim. tentang Penipuan penggelapan tertanggal 14 November 2019. Dari laporan tersebut Subdit III/Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim melakukan pengejaran terhadap tersangka.

Semua tersangka dan barang bukti berhasil diamankan. Para tersangka tersebut antara lain RRN, ANDR alias FA alias DARM alias GF alias Ustad IBR, AV alias GI dan HD alias TN. Keempat tersangka ini bertempat tinggal berbeda daerah, sedangkan sasaran dari komplotan ini adalah mencari korban yang terlilit utang dengan iming-iming bisa menggandakan uang berlipat ganda. @bertus.

248 kali dilihat, 7 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!