Universitas Terbuka Siap Terima Kepala Desa dan Aparaturnya Jadi Mahasiswa

Universitas Terbuka Siap Terima Kepala Desa dan Aparaturnya Jadi Mahasiswa

Sindikat Post, Jakarta – Dalam rangkaian usaha peningkatan mutu Pendamping Desa, Kepala Desa dan aparat desa lainnya, utamanya dalam rangka pembangunan desa dan masyarakat desa, pagi ini Rabu,  10 Januari 2019, Direktur Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemendes, Drs. Priyono, MSc. didampingi Ketua Tim Pakar, Haryono Suyono, para Direktur dan pejabat teras lain dari Kementerian Desa, PDTT, atas nama Sekjen Kementerian Desa PDTT menyerahkan Dokumen Kerja Sama yang telah ditanda tangani oleh kedua fihak beberapa waktu lalu kepada Rektor Universitas Terbuka Prof. Dr. Ojat Darojat, MUb yang didampingi para Wakil Rektor, Dekan dan jajaran lengkapnya di Kampus Uniberstitas Terbuka di Jakarta.

Penyerahan Dokumen ini menandai awal pelaksanaan kerjasama antar dua instansi tersebut, yang telah diharapkan oleh Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo agar kepada para Pendamping Desa dan Kepala Desa serta perangkatnya segera mendapat pendidikan dan pelatihan agar makin professional mengelola dana desa guna pembangunan desa dan sumber daya manusia yng sangat dibutuhkan dalam pembangunan yang gegap gempita di seluruh desa di Indonesia.

Dalam sambutannya, Rektor menyatakan bahwa peristiwa ini dianggap pening karena menandai kepercayaan Kementerian Desa PDTT kepada Universitas Terbuka dalam melatih tenaga pendamping dan aparat pengelola dana desa di puluhan ribu desa sekaligus bahwa pendamping dan aparat desa sudah dianggap siap mendaftar sebagai peserta didik atau mahasiswa peerguruan tinggi yang memiliki alumni hampir satu setengah juta orang dan mahasiswa lebih dari 320.000 orang tersebar di seluruh Indonesia. Rektor menyebutkan bahwa dalam era industry 4.0 dewasa ini setiap calon bisa mendaftar melalui system on line internet dengan mudah, menerima dan mengikuti kuliah hampir sempurna karena tehnologi mutakhir masa kini yang dipergunakan oleh Universitas hampir bisa menyatukan dosen dan mahasiswa dalam jarak jauh, mengikuti proses Tanya Jawab seakan berhadapan dengan dosennya serta mengambil ujian seluruhnya aman dan jujur karena dipantau melalui system tehnologi modern yang mendekatkan dosen dan mahasiswanya biarpun tidak berada dalam ruang yang sama. Lebih lanjut Rektor menyebutkan bahwa kinerja dan reputasi Universitas Terbuka dijaga dengan sangat ketat, tidak saja diakui secara nasional tetapi mengantongi akredistasi global yang membanggakan, sehingga jaminan mutu dipertahankan dengan baik dan menjadi andalan dan kebanggaan seluruh civitas akademis yang utama.

Direktur Pengembangan Sumber Daya Manusia atas nama Menteri Desa dan Sekjen Kemendes mengucapkan terima kasih atas kerja sama dengan Uiversits Terbuka untuk melatih dan berbagi ilmu dengan aparat Kementrian Desa, para Pelaksana Pembanguan Desa dan masyarakat desa pada umumnya. Program-program utama Kementerian Desa disebutnya scara lengkap yang semuanya memerlukan tenaga profesioal yang bermutu agar pembangunan itu menghasilkan produk untuk membangun manusia yang berguna untuk tanah air dan bangsanya.

Ketua Tim Pakar Haryono Suyono yang diminta sambutannya memberi masukan perlunya segera dilakukan pendaftaran peserta didik dalam empat bulan pertama tahun ini agar segera mulai mengikuti kuliah, baik para pendamping, yang sambil kuliah melalui hp di tangan pribadi atau perangkat computer di kantor atau di rumahnya, bekerja mendampingi petugas dan relawan desa membangun desa dan keluarganya. Haryono menganjurkan agar dalam setiap kunjungan dinas ke lapangan di desa, setiap penjabat membantu pendaftaran mahasiswa dengan dukungan kuliah gratis sebagai pendaftar awal, dukungan korting atau bahkan dukungan kesempatan bea siswa yang memiliki daya forong dan semangat memungut ilmu sebagai bekal pengabdian yang bermutu tanpa harus meninggalkan rumah atau pekerjaannya membangun bangsa dan anak bangsanya guna masa depan yang lebih cerah, keluarga yang bahagia dan sejahtera. Suatu kesempatan amal ibadah yang tidak boleh ditunda, utamanya karena bangsa ini harus segera bangkit menjadi bangsa besar yang mengayomi dan mengantar anak cucu dan cicit bangsanya menjadi lebih bahagia dan sejahtera. Semoga. Amin. @ red (hs)

456 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

1 Comment

  1. Saya sangat apresiasi atas Niat baik dari kedua Instansi ini yg sangat mengagumkan dan tanpan bagi saya sebagai Abdi Desa. Karena saya memahami benar tentang tunjuan mulia dari kedua instansi ini dalam menjawabi konstitusi (UUD ’45) yaitu demi untuk “Mencerdaskan Kehidupan Bangsa”.
    Saya atas nama Pribadi dg Profesi sebagai Pendamping Desa masih membutuhkan pendidikan berkelanjutan untuk menunjang kepribadian dan penguatan kapasitas intelektual saya. Terimaksih atas informasinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!