Universitas Merdeka Malang Siap Membangun Desa

Universitas Merdeka Malang Siap Membangun Desa

Sindikat Post, Malang – Pada hari Selasa (2/7/2019) pagi, sebelum memberikan pembekalan kepada sekitar 500 mahasiswa KKN Universitas Merdeka (Unmer) Membangun Desa, Ketua Tim Pakar Menteri Desa PDTT Prof Dr Haryono Suyono bersilaturahmi dengan Rektor Unmer Malang Prof Dr Anwar Sanusi yang didampingi Ketua LPPM Unmer Malang Prof Dr Agus Suprapto.

Ketiganya terlibat perbincangan serius seputar langkah awal pembentukan Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) yang didukung oleh Yayasan Damandiri yang dipimpin Prof Dr Haryono Suyono.

Pengalaman pembentukan Posdaya itu mengantar kegiatan Unmer mengadakan kegiatan KKN sejak dua tahun ini dengan tema Unmer Membangun Desa.

Pengalaman Dosen dan mahasiswa Unmer membangun Desa tersebut sangat bervariasi sehingga untuk kesekian kalinya Haryono sengaja diundang untuk berbagi infomasi dan strategi terakhir yang diambil oleh Kementerian Desa PDTT dalam memberikan dukungan terhdap upaya pembangunan desa dan Masyarakat Desa di seluruh Indonesia.

Setelah pembicaraan yang intensif bersama Rektor dan staf itu, Rektor dan Pengurus Yayasan, Ketua LPPM serta Dosen Pendamping secara khusus mengantar dan membuka pertemuan dihadiri sekitar 500 mahasiswa yang pada tanggal 22 Juli nanti akan diterjunkan ke desa-desa di Kabupaten Malang dan sekitarnya.

Hadir pula dalam penbekalan itu wakil-wakil dari Perguruan Tinggi lain di Malang yang dalam pembicaraannya sangat tertarik untuk menerjunkan mahasiswa KKN di daerah lain guna mendorong semangat dan dukungan terhadap upaya membangun desa dan masyarakat desa.

Dalam Kuliah Umum lebih dari satu jam itu Haryono yang dihadiri oleh Rektor, Pengurus Yayasan dan Dosen Pendamping, dengan penuh semangat telah memaparkan strategi dan cakupan pembangunan desa PDTT yang digariskan oleh Menteri Desa PDTT Eko Priyo Sandjojo dan dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Digambarkan secara rinci prioritas utamanya serta bagaimana Kepala Desa merencanakan program melalui Rembug Desa dan bagaimana seluruh masyarakat desa mengembangkan inovasi untuk kemajuan Desa dan pemberdayaan masyarakat desa.

Dalam caramah itu, diberikan kesempatan tanya jawab yang dimanfaatkan oleh mahasiswa bertanya dengan semangat tinggi. Diharapkan KKN tahun ini akan membawa hasil yang diharapkan dan dapat mengembangkan KKN untuk lebih dari satu bulan di desa-desa di seluruh kabupaten Malang. @red (hs)

507 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!