Unit Bisnis BUMDes Terung Berkarya Olah Tempe dan Makanan Ternak

Unit Bisnis BUMDes Terung Berkarya Olah Tempe dan Makanan Ternak

Sindikat Post, Magetan – Tempe adalah makanan sehari-hari warga dan rakyat Indonesia begitu juga di Magetan. khususnya Desa Terung Kec. Panekan sebagai salah satu penghasil produksi tempe yang ada di Magetan. Tempe yang dihasilkan berbeda dengan tempe dari daerah lainnya.

Biasanya tempe dibentuk balok tetapi ini tempenya dibungkus daun pisang setiap irisannya lebih mirip tempe mendoan tetapi isnya lebih besar dan harganya lebih muarah dari medoan. Per sepuluh biji dihargai Rp 3.500, pemasarannya pun masih sekitar Magetan, meskipun juga sudah ada yang merambah Jakarta bagi mereka yang mudik ke Magetan biasanya olehnya-olehnya membawa tempe daun pisang ini.

Pengrajin tempe ini telah ada sejak lama, tapi sejak ada PNPM MP dulu, para pengrajin ini mulai dibina dengan membentuk kelompok dan bertahan sampai hari ini. Karena program PNPM telah tiada maka kelompok ini mulai dilrik oleh desa untuk terlibat dalam pengelolaan Bumdes, sebagai salah satu potensi desa Terung.

Selain Tempe, potensi lainnya adalah pengolahan pakan ternak. Karena di desa Terung ada sumber daya alam dan sumber daya manusia untuk pengolahan. Secara bahan baku di desa Terung cukup banyak dan melimpah, secara tenaga ahli ada yang mampu mengolah bahan baku pakan ternak yang tak kalah dengan buatan pabrik. Pasar pun terbuka lebar di daerah Panekan dan sekitarnnya. Bumdes Terung Berkarya baru dibentuk pada tahun 2016. Bumdes inilah yang menaungi hasil produksi warga Terung nantinya, masih banyak yang perlu ditata dalam pengelolaan Bumdes Terung Berkarya.@red (hs)

177 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!