TNI AL Resmi Operasikan KRI Kerambit-627

TNI AL Resmi Operasikan KRI Kerambit-627

Sindikat Post, Surabaya – Kekuatan alutsista TNI AL Kembali bertambah dengan diresmikannya penggunaan KRI Kerambit-627. Kegiatan itu, ditandai dengan serah terima kapal berjenis Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 Meter dari PT PAL Indonesia (Persero) kepada Kementrian Pertahanan RI, yang dilanjutkan dengan upacara peresmian & pengukuhan Komandan KRI Kerambit-627 di Surabaya, Kamis (25/7/2019).

Serah terima KRI Kerambit-627 dilakukan langsung oleh Direktur Utama PT PAL Indonesia (Persero) Budiman Saleh kepada Menteri Pertahanan RI, Ryamizard Ryacudu. “Pembangunan kapal ini terdiri dari dua tahap kontrak, yaitu kontrak platform dan kontrak pengembangan, yang akan diserahkan ke Kemenhan tepat waktu dan tepat dana,” ujar Budiman Saleh.

Sementara itu, Menhan Ryamizard Ryacudu sangat mengapresiasi hasil karya anak negeri tersebut. Karena itu, pihaknya meminta agar industri pertahanan dalam negeri untuk terus diperkuat & ditingkatkan.

“Kapal ini merupakan pesanan Kementerian Pertahanan untuk TNI Angkatan Laut. Harapan kami, PT PAL Indonesia (Persero) segera menyelesaikan pengerjaan pesanan kapal lainnya. Selama bisa dibuat sendiri, alutsista harus dibuat di sini. Polisi & TNI harus beli produksi dalam negeri. Jika tidak, industrinya tidak bisa berkembang besar nanti,” ujar Ryamizard Ryacudu.

KRI Kerambit-627 memiliki panjang 60 meter, lebar 8,10 meter, dengan sarat 2,57 meter, serta memiliki bobot 467 ton, dan mampu berlayar hingga kecepatan 28 knots. Kapal ini memiliki tugas pokok peperangan anti kapal permukaan dan offshore patroIs di perairan territorial hingga Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE). Selain itu, juga memiliki fungsi tambahan untuk aktivitas pengintaian, serta Search and Resuce (SAR).

Sebelum diserah terimakan, KRI Kerambit-627 telah melalui serangkaian uji layak laut, yang meliputi uji kecepatan, peralatan, permesinan, hingga manuver kapal. Memiliki 53 awak dan dikomandani oleh Letkol Laut (P) Arief Kurniawan Haryanto, yang dikukuhkan oleh KSAL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, dalam sebuah upacara peresmian & pengukuhan di tempat yang sama. @juju

728 kali dilihat, 14 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!