Sollar Cell Hasilkan Listrik Pengakses Air Bersih di Kampung Biatan Kaltim

Sollar Cell Hasilkan Listrik Pengakses Air Bersih di Kampung Biatan Kaltim

Sindikat Post, Kaltim – Kampung Biatan Baru yang tidak memiliki aliran listrik terpaksa berpikir keras untuk mendapatkan air bersih melalui cara yang cerdik bagaimana mendapatkan aliran listrik guna mengaliri pompa agar mendapatkan air bersih.

Kampung Biatan Baru, Kecamatan Berau, Kalimantan Timur yang berpenduduk sekitar 564 jiwa berpikir keras untuk itu karena pada tahun 1997 Kampung Biatan Baru ini mendapat bantuan mesin diesel tetapi biaya operasionalnya dirasakan cukup mahal, hingga akhirnya masyarakat desa atas usul dari warga yang mengerti manfaat pengganti dengan biaya operasional yang lebih murah, akhirnya mengusulkan untuk mengganti mesin diesel itu dengan Sollar cell.

Pengusul pengganti itu meyakinkan rekan-rekannya penduduk desa bahwa Sollar Cell merupakan panel berbentuk sell tenaga surya yang bisa menghasilkan aliran listrik lebih kuat. Akhirnya setelah penduduk desa mempelajari usulan itu sepakat dan ternyata benar bahwa alat ini menghasilkan aliran listrik dengan baik sehingga masalah air di desa terpencil itu teratasi, dan keperluan air untuk minum, mandi dan lainnya terpenuhi.

Lebih penting lagi kesehatan masyarakat terjaga karena listrik dengan menggunakan Solar Cell yang dihasilkan dengan menyerap tenaga matahari lebih ramah lingkungan. Pembuatan Solar Cell yang dilakukan di Kampung Biatan Baru, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini tidak murah. Diperlukan biaya untuk bahan pipanisasi sekitar Rp. 33,6 juta, alat solar cell sekitar Rp313,3 juta dan upah pekerja sebesar Rp 23,3 juta. Apabila dapat dibahas dalam acara Rembug Desa dan disepakati warga, dan desa itu menerima dana desa yang bisa digunakan, pembuatan listrik dengan Solar Cell menggunakan sinar matahari ini bisa diusulkan untuk dibiayai dengan Dana Desa.

Bagi Desa yang berminat dapat memperoleh informasi yang lebih terperinci dari beberapa tokoh desa yang bersangkutan, Sdr. Robin, Kepala Kampung Biatan Baru dengan nomor hp 085246299135, atau Sdr. M. Subagyo, Kepala Badan Perwakilan Kampung Biatan Baru dengan nomor hp 082353487596 dengan alamat Kantor Kampung, Jalan Sukun RT 1, Kampung Biatan Baru, Kecamatan Berau, Kalimantan Timur. @red

759 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!