SMK Bhakti Putra Mandiri Parung Bogor Latihan Urban Farming

SMK Bhakti Putra Mandiri Parung Bogor Latihan Urban Farming

Sindikat Post, Bogor – Sekitar 14 siswa SMK Kesehatan Bhakti Putra Mandiri Parung Panjang Bogor yang sedang studi banding pada Wisma Lansia Ria Pembangunan di Cibubur menjadi tamu Yayasan Anugerah Kencana Buana (Anugerah) yang dipimpin oleh Rajar Wiryono di Jakarta guna mendengarkan paparan tentang Green Farming sebagai bagian yang menarik dari gerakan Urban Farming, yang giat promosikan tanaman dan sayur sehat gizi tinggi yang ditanam tanpa pupuk kimia.

Kehadiran pelajar SMK tersebut disambut juga oleh Ketua Tim Pakar Kementerian Desa PDTT Haryono Suyono yang sedang membandingkan peran yang dilakukan pelajar SMK dalam mendampingi warga desa di Kabupaten di Jawa Barat seperti halnya telah dilaksanakan dengan berhasil di Jawa Timur.

Para siswa disambut juga oleh Dr. Aam Bastaman didampingi oleh Drs. Warid Ketua dari Universitas Trilogi yang mempelajari kemungkinan pelajar SMK melanjutkan program studinya pada Universitas Trilogi yang mendidik tenaga siap kerja dan mandiri melalui pembangunan paripurna di desa dan di kota.

Selama satu hari penuh Fajar Wiryono, Sulaiman dan Rudi Lubis dibantu Aam Bastaman dan Warid berbagi ilmu dan melakukan latihan lapangan di atap gedung HSC berlantai tiga di Perdatam tentang pilihan media tanam, bibit, pupuk organik serta sistem pemeliharaan agar semua bibit sayuran tumbuh subur dan dalam waktu singkat siap disajikan di atas meja makan keluarga ceria, dimakan dengan lahap dan sehat karena bebas pupuk kimia dan rasanya lezat nyaman membuat setiap konsumen kepingin tambah lagi dan mencapai kepuasan yang maksimal.  

Anak-anak muda yang berlatih dan mencoba menikmati sajian dan ikut merasakan salada yang diolah modern merasa sangat terkesan sehingga pada waktu secara kebetulan TVRI datang meliput, wajah anak-anak muda itu tampak ceria seakan baru saja makan makanan dengan rasa puas seakan belum pernah merasakan sepanjang hidupnya. Suasana itu tercermin dalam tampilan pelajar SMK yang pertama kali muncul dalam acara TVRI Nasional yang mudah-mudahan menjadi tontonan dengan nilai rating yang tinggi bagi TVRI kesayangan bangsa tersebut.

Pelatihan bagi pelajar SMK, generasi muda, yang diharapkan mendapat sambutan hangat dan mengundang rekan-rekan lainnya sehingga pelajar lain bisa menjadi petani modern yang menyajikan aneka tanaman gizi tinggi sebagai asupan pemuda dan warga di jaman industri 4.0 yang memerlukan tenaga canggih, sanggup bekerja dengan otak encer, gesit dan saling bersahabat. Semoga ditiru pelajar SMK lain dan keluarga Indonesia yang ingin hidup sehat dan bahagia. @red (hs)

573 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

1 Comment

  1. Masya Allah
    Luar biasa sekali ide nya
    Sayuran adalah makanan sehat
    Unt menghindari penyakit jantung , stroke. Diabet , kolesterol tinggi dsb nya
    Bagaimana dpt di tularkan kemasyarakat awam kah ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!