Sidang Perdana Gugatan Hasil Pilpres Digelar di Gedung MK

Sidang Perdana Gugatan Hasil Pilpres Digelar di Gedung MK

Sindikat Post, Jakarta – Gugatan Pilpres 2019 yang diajukan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno digelar di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Jumat (14/6/2019) pukul 09.00 Wib.

Ketua MK Anwar Usman saat membuka sidang perdana ini, menegaskan tidak akan bisa diintervensi dari pihak manapun. Dan hanya tunduk pada konstitusi dan peraturan perundang -undangan sesuai dengan sumpah. Pada saat itu Ia juga menjelaskan 9 hakim konstitusi berasal dari 3 lembaga, yakni Presiden, Mahkamah Agung, dan DPR.

Tampak hadir dipersidangan Ketua KPU Arief Budiman, kehadiran ketua KPU karena KPU sebagai termohon di sidang MK ini, sedangkan Prabowo-Sandiaga sebagai penggugat dan Jokowi-Ma’ruf sebagai pihak terkait tidak hadir dalam persidangan perdana ini, dan hanya diwakili tim kuasa hukum dari masing masing pihak. Tim kuasa hukum dari pihak Prabowo-Sandiaga dipimpin oleh Bambang Widjojanto, sedangkan tim kuasa hukum Jokowi-Ma’ruf dipimpin Yusril Ihza Mahendra.

Ada beberapa point gugatan yang diajukan Tim Kuasa hukum Prabowo – Sandiaga antara lain adalah menyatakan hasil penghitungan KPU tidak tepat. Data perolehan suara yang benar menurut Tima kuasa hukum Prabowo-Sandiaga adalah Jokowi-Ma’ruf Amin 63.573.169 (48%), sedangkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 68.650.239 (52%).

Tim kuasa hukum Prabowo-Sandiaga, Denny Indrayana menyatakan bahwa Paslon 01 telah melakukan kecurangan pemilu yang sudah bersifat terstruktur, sistematis, dan masif.  Denny juga menyatakan kecurangan pemilu oleh Paslon 01 adalah menyalahgunakan kekuasaan sebagai Presiden petahana, dan timnya meminta mendiskualifikasi paslon 01 sebagai peserta pemilu atau paling tidak melakukan pungutan suara ulang. Sidang lanjutan akan digelar pada hari Selasa (18/6/2019).@red

960 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!