Sekber Pers Indonesia Sukses Selenggarakan Kongres Pers Indonesia 2019

Sekber Pers Indonesia Sukses Selenggarakan Kongres Pers Indonesia 2019

Sindikat Post, Jakarta – Sekretariat Bersama (Sekber) Pers Indonesia terdiri dari 12 organisasi Pers melaksanakan Kongres Pers Indonesia 2019 yang dihadiri oleh Para wartawan, pimpinan organisasi pers, pimpinan perusahaan pers, dan tokoh masyarakat yang berjumlah lebih dari 500 orang di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Timur berjalan lancar dan sukses. Rabu (6/3/2019).

Ada beberapa poin yang dihasilkan didalam kongres itu, antara lain telah ditetapkan 21 anggota Dewan Pers Indonesia (DPI) Pusat tahun 2019 – 2022, dan anggota DPI wilayah Propinsi.

Heintje Mandagi selaku ketua team formatur pemilihan penetapan anggota Dewan Pers Indonesia tahun 2019 dan juga Ketua Organisasi Pers SPRI mengatakan bahwa kongres telah melalui beberapa tahap sampai dengan tahap pemilihan anggota DPI Pusat dan anggota DPI Propinsi.

“Kita telah melaksanakan Kongres melalui tahap awal sampai tahap akhir ini,Setelah terpilihnya anggota DPI Pusat tahun 2019-2022, kita akan  bergerak untuk benar-benar menjadi pelindung, pengayom para wartawan, dan terbentuknya anggota DPI wilayah Propinsi akan lebih mudah untuk kita turun apabila ada wartawan terkena masalah pada saat menjalankan tugas jurnalis,” Kata Heintje Mandagi.

Salah satu anggota DPI Pusat yang baru ditetapkan oleh team Formatur didalam pelaksanan kongres dan juga Ketua Umum Sindikat Wartawan Indonesia (SWI) Dedik Sugianto, saat ditemui awak media menjelaskan bahwa dengan terbentuknya Dewan Pers Indonesia diharapkan akan dapat melindungi dan mengayomi wartawan dalam melaksanakan tugas jurnalistik yang selama ini terkesan diabaikan.

“DPI harus bisa membantu melindungi mengayomi para wartawan, dan kita harus sigap dalam menanggapi semua permasalahan dalam pemberitaan yakni menjalankan tugas jurnalis para wartawan. Kita harus siap itu,” ucap Dedik.

Besar harapan dari para wartawan dan insan pers agar DPI bisa menjadi payung untuk mengayomi dan melindungi para wartawan dalam menjalankan tugas jurnalis sesuai dengan UU Pers no. 40 tahun 1999 tentang Pers. Semoga tujuan mulia bisa menghasilkan sesuatu yang besar untuk semua masyarakat terutama pers yang ada di Indonesia. @red

132 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!